Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba ุงู„ู„ّู‡ُ yang Kaffah.

๐Ÿ“šOneDayOneShiroh-lll๐Ÿ“—MATERI 311-320 ๐Ÿ“™๐Ÿ’š *Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah Yang Selalu Bersyukur *

CHANNEL MUTE
:heart:๐Ÿค:heart:๐Ÿค:heart:๐Ÿค:heart:

:green_heart:OneDayOneSiroh-III:green_heart:

:blue_heart:MATERI 311:blue_heart:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَ ุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…ุฏ

:heart_decoration:Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah yang Selalu Bersyukur:heart_decoration:

Abdullah bin Amr tidak bisa membantah. Dia menuruti perkataan Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Dia sadar bahwa Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… pasti berkata benar. Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… tidak akan pernah salah.

Puasa Daud adalah puasa yang dilakukan oleh Nabi Daud Alaihissalam. Nabi Daud Alaihissalam adalah salah satu nabi Allah yang diutus kepada Bani Israil.

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang paling utama dan paling dicintai ุง ู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰
Puasa Daud dilakukan berselang seling. Artinya sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa. Misalnya jika hari Senin berpuasa Daud hari Selasa dia tidak boleh berpuasa. Dilanjutkan pada hari Rabu, pada hari Kamis dia kembali tidak berpuasa. Adapun pada hari Jumat dia berpuasa kembali dan pada hari Sabtu tidak berpuasa demikianlah seterusnya.

Karena dilaksanakan berselang-seling, dapat dikatakan bahwa Puasa Daud adalah puasa terberat. Untuk itu dibutuhkan stamina serta fisik yang kuat dan kesungguhan, agar tetap istiqomah dalam melaksanakannya.

Tidak ada lagi puasa sunnah terbaik selain puasa Daud. Oleh karena itu Islam melarang berpuasa setiap hari tanpa henti. Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… sudah mengatakan bahwa : " Tidak ada yang lebih utama daripada puasa sunnah Daud." (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Meskipun utama, puasa Daud tetap tidak boleh dilakukan pada hari-hari terlarang. Hari tersebut ialah dua hari raya yaitu hari Idul Fitri dan Idul Adha. Puasa Daud juga tidak boleh dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan umat Islam wajib berpuasa sebulan penuh jika tidak berhalangan.

-------

๐ŸŸ MATERI 312๐ŸŸ 

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَ ุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…ุฏ

:heart_decoration:Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah yang Selalu Bersyukur:heart_decoration:

Waktu terlarang lainnya adalah pada hari tasyrik. Hari tasyrik adalah 3 hari setelah hari Raya Idul Adha. Hari tersebut adalah tanggal 11, 12, dan 13 bulan Dzulhijjah.

Seorang lelaki Arab Badui datang menemui Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Arab badui adalah nama salah satu kaum di Arab. Kaum ini terletak di pedalaman biasanya mereka hidup berpindah-pindah sambil menggembalakan ternak.

Penampilan lelaki Arab Badui ini jauh dari kesan rapi. Rambutnya kusut dan acak-acakan. Padahal sebentar lagi dia akan menghadap Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Meskipun demikian Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…
tetap menyambutnya dengan baik.

Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… tidak pernah membeda-bedakan siapapun. Semua yang ingin bertemu dengan beliau akan dilayani dengan baik.
"Beritahu aku puasa yang diwajibkan atas ku?" pinta lelaki Arab badui tersebut.

"Puasa yang wajib bagimu adalah puasa Ramadhan," jawab Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

Pertanyaan lelaki Arab badui itu mewakili pertanyaan kaum muslim. Adapun jawaban yang diberikan Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… juga berlaku untuk seluruh kaum muslim. Jadi puasa Ramadhan wajib hukumnya bagi kaum muslim di manapun dia berada.

Dalam menjalankan ibadah puasa, tentu kita harus meneladani Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Cara beliau berbuka puasa, serta bagaimana beliau mengisi bulan Ramadhan. Hal tersebut dilakukan agar puasa yang dijalankan mendapat berkah, tidak hanya merasakan lapar dan haus.

Sebelum berpuasa Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… memulainya dengan berniat. Puasa yang dijalankan tanpa niat tidak terhitung sebagai puasa Ramadhan. Hal ini karena niat membedakan jenis puasa yang akan dilakukan.

:spaghetti:MATERI 313:spaghetti:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَ ุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…ุฏ

:heart_decoration:Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah yang Selalu Bersyukur:heart_decoration:

Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… juga selalu makan sahur. Ternyata sahur hanya diperintahkan kepada kaum muslim. Kaum terdahulu tidak diperintahkan sahur ketika akan berpuasa. Rasulullah
ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…
menjelaskan bahwa pembeda antara puasa kaum muslim dan ahli kitab ialah makan sahur.
(Hadits Riwayat Muslim)

Banyak berkah yang didapat dalam makan sahur. Berkahnya karena mengikuti sunnah nabi.
ุง ู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰
dan para Malaikat bershalawat untuk orang yang makan sahur. Badan akan menjadi kuat. Masih banyak berkah dari makan sahur. Oleh karena itu jangan pernah meninggalkan makan sahur meskipun hanya dengan seteguk air.

Waktu sahur yang paling baik dilakukan adalah pada akhir waktu. Sementara itu pelaksanaan waktu berbuka puasa, justru harus disegerakan, jika sudah masuk waktunya.

Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… biasanya berbuka dengan air dan kurma. Jumlahnya ganjil yaitu 1, 3 atau 5. Jika memungkinkan Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… akan berbuka dengan kurma basah atau ruthop. Jika tidak ada, beliau berbuka dengan tamar atau kurma kering. Jika tamar juga tidak ada, beliau mencukupkan dengan meneguk air.

Saat menjelang berbuka merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Karena itu Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… memperbanyak doa. Pada waktu tersebut biasanya Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… mendoakan umatnya agar selalu berada dalam petunjuk dan kebaikan.

Selama bulan Ramadhan Rasulullah
ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… senantiasa melakukan kebaikan. Jika pada hari biasa Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… sangat dermawan, pada Bulan Ramadhan beliau akan lebih dermawan lagi. Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… juga mengisi hari dengan banyak membaca Al Quran. Adapun pada malam harinya beliau selalu melakukan shalat malam.

Demikian penggambaran puasa Ramadhan Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

Lalu bagaimana dengan puasa sunnah Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… lainnya?

----------

:hatching_chick:MATERI 314:hatching_chick:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَ ุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…ุฏ

:heart_decoration:Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah yang Selalu Bersyukur :heart_decoration:

Wahai Rasulullah, engkau selalu terlihat berpuasa. Akupun menyangka semua waktumu dihabiskan untuk berpuasa. Namun engkau juga tidak terlihat berpuasa. Aku pun menyangka kau tidak pernah puasa. Meskipun demikian ada dua hari yang engkau selalu berpuasa," kata Usamah bin Zaid kepada Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

"Apakah dua hari itu?" tanya Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

"Hari Senin dan Kamis," jawab Usamah bin Zaid.

Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda, "Dua hari itu adalah hari dihadapkannya amalan manusia kepada Allah. Aku sangat suka sekiranya amalanku dihadapkan pada waktu aku sedang berpuasa."
(Hadits Riwayat Nasa'i dan Ahmad)

Demikian dialog yang terjadi antara Usamah bin Zaid dan Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…
Usamah bin Zaid adalah anak dari Zaid bin haritsah. Zaid adalah anak angkat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dia sangat dekat dan disayang oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Saat usia belia Usamah bin Zaid telah ditunjuk oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menjadi seorang panglima perang. Padahal pada waktu itu masih banyak sahabat senior lainnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Aisyah Radhiallahu Anhu. Ia mengatakan bahwa Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… biasa memilih hari Senin dan Kamis untuk melakukan puasa sunnah. (Hadits Riwayat Nasa'i dan Ibnu Majah)

Puasa Senin dan Kamis memang memiliki banyak keutamaan. Hari Senin dan Kamis merupakan hari dibukanya pintu Surga. Siapa yang pada hari itu tidak berbuat syirik dia akan diampuni oleh ุง ู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰. Syirik adalah menyekutukan ุง ู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰. Artinya membuat tandingan-tandingan selain ุง ู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰ untuk diibadahi. Syirik termasuk dosa besar, pelakunya akan kekal di neraka.

-------

:sparkles:MATERI 315:sparkles:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَ ุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…ุฏ

:heart_decoration:Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah yang Selalu Bersyukur:heart_decoration:

Bagaimana manfaat berpuasa di dunia? Ternyata puasa dapat membuat hati menjadi lembut dan dermawan. Merasakan lapar dan haus karena berpuasa akan mengasah empati kita.

Kita jadi tahu bagaimana susahnya orang yang sehari-hari tidak mampu makan dengan kenyang. Dengan merasakan penderitaan mereka akan tumbuh rasa kasih sayang dan peduli sesama.

Lihatlah Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… beliau adalah seorang dermawan. Jika ada yang meminta sesuatu kepadanya beliau tidak pernah menolaknya. Pada saat bulan puasa boleh lebih dermawan lagi. Kedermawanan Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… di ibaratkan melebihi hembusan angin yang bertiup.

Banyak sekali manfaat puasa yang telah disampaikan Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… kepada kita. Manfaatnya bisa dirasakan di dunia, selain itu manfaatnya juga akan diperoleh di akhirat kelak.

Salah satu manfaat yang akan diperoleh di akhirat kelak ialah dijauhkan dari neraka. Tentu tidak seorangpun yang ingin masuk ke dalam neraka. Siksa neraka amatlah pedih. Hukuman paling ringan di neraka ialah mengenakan sandal panas yang membuat otak mendidih. naudzubillah.

Berpuasa juga dapat menjadi jembatan menuju surga. Akan dibukakan pintu surga yang bernama arroyyan bagi orang yang berpuasa. Semua kenikmatan di surga itu tidak ada bandingannya. Di surga segalanya ada dan mudah diperoleh.

Ada satu lagi keutamaan berpuasa. Bau mulut orang yang berpuasa di sisi ุง ู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰ lebih wangi dari bau kasturi.

-------

๐ŸคŽMATERI 316๐ŸคŽ

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَ ุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…ุฏ

:heart_decoration:Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah yang Selalu Bersyukur:heart_decoration:

Rombongan Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersama para sahabatnya berangkat menuju tanah kelahiran Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… yaitu Mekah. Mereka terus berjalan hingga tiba di sebuah tempat yang bernama Ghamim. Di tempat Itu mereka kemudian berhenti.

Perjalanan itu bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Tentu saja Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… dan para sahabatnya tengah berpuasa.

"Tolong ambilkan segelas air minum," pinta Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ketika rombongan tersebut telah berhenti.

Segelas air minum segera diberikan. Sebelum meminumnya Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… mengangkat gelas tersebut tinggi-tinggi. Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ingin agar semua orang melihat yang telah diperbuatnya.

Para sahabat yang melihat hal tersebut segera mengikuti perbuatan Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Mereka membatalkan puasa yang telah dijalankan beramai-ramai. Mereka ikut minum air.

Demikianlah rukhsah yang diberikan ุง ู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰ kepada umatnya. Rukhsah merupakan bukti kecintaan ุง ู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰ kepada hambaNya. Selain itu rukhsah merupakan bukti bahwa Islam adalah agama yang mudah. Kisah Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… dengan para sahabat tersebut memberikan banyak pelajaran bagi generasi setelahnya. Puasa dapat dibatalkan jika seseorang berada pada kondisi tertentu. Contohnya pada saat perang sebagaimana yang dialami Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… dan para sahabatnya. Dalam kondisi tersebut puasa dapat ditangguhkan dan dikerjakan pada lain waktu.

-------

๐ŸฅMATERI 317๐Ÿฅ

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَ ุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…ุฏ

:heart_decoration:Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah yang Selalu Bersyukur:heart_decoration:

Perang sangatlah menguras tenaga. Kaum Muslimin yang sedang berperang mendapatkan rukhsah untuk tidak menjalankan puasa. Bahkan berbuka sangat dianjurkan untuk mengembalikan tenaga.

Kondisi lain yang juga mendapat rukhsah adalah saat sedang sakit. Dalam kondisi ini dibolehkan seorang muslim tidak berpuasa. Dengan kondisi yang lemah tentunya akan menyulitkan. Jika harus berpuasa apalagi jika ada obat yang harus dimakan pada siang hari.

Ada juga yang dilarang berpuasa. Mereka adalah orang-orang yang sedang haid. Namun mereka harus mengganti puasa yang ditinggalkan itu setelah bulan Ramadhan berakhir.

Selain itu orang-orang yang mendapat rukhsah adalah perempuan hamil dan menyusui serta orang tua. Mereka boleh tidak berpuasa, bahkan ada kondisi tertentu yang membolehkan mereka membayar Fidyah tanpa perlu mengqadha hutang puasa. Fidyah adalah pengganti puasa berupa makanan yang diberikan kepada fakir miskin.

Selain perintah puasa, umat Islam juga diperintahkan untuk membayar zakat.

:dart:Rukhsah dari ุง ู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰ yaitu beberapa hari tertentu. "Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan, lalu tidak berpuasa maka wajib mengganti sebanyak dari hari yang dia tidak berpuasa itu pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya wajib membayar Fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin." (Quran Surat Al-Baqarah ayat 184)

-------

๐Ÿ•MATERI 318๐Ÿ•

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَ ุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…ุฏ

:heart_decoration:Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah yang Selalu Bersyukur:heart_decoration:

Pada mulanya perintah zakat dikeluarkan berdasarkan kerelaan masing-masing. Anjuran mengeluarkan zakat merupakan salah satu konsekuensi keimanan.

Saat itu kehidupan para sahabat tidaklah sama. Ada sahabat yang kaya raya dan hidup berkecukupan. Ada juga sahabat yang hidup dalam kesusahan. Mereka sehari-hari harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Didorong oleh keinginan saling menolong dan merasa bahwa setiap muslim adalah satu tubuh dikeluarkanlah zakat. Zakat diberikan oleh orang yang mampu kepada yang kekurangan. Saat itu belum ada ukuran serta ketentuan yang berlaku.

Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… memberikan aturan zakat yang jelas pada tahun kedua Hijriyah. Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… menjelaskan siapa dan harta apa yang wajib dizakati. Selain itu Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… juga menjelaskan siapa saja yang berhak menerima zakat serta waktu pengeluaran zakat.

Sejak itulah aturan-aturan zakat menjadi jelas. Kaum muslimin menyambut baik ketetapan tersebut. Namun tidak begitu dengan kaum musyrik yang bakhil dan enggan mengeluarkan zakat atas hartanya.

Zakat dibagi dua yaitu zakat fitrah atau zakat fitri dan zakat mal atau zakat harta benda. Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… mewajibkan setiap muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah. Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh orang yang merdeka, muda, laki-laki, perempuan, anak-anak, dan orang dewasa.

Zakat fitrah yang dikeluarkan berupa satu shaa bahan makanan pokok. Bahan makanan pokok yang diberikan waktu itu terdiri atas berbagai macam, diantaranya adalah kurma, gandum, kismis dan keju.

-------

:cactus:MATERI 319:cactus:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَ ุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…ุฏ

:heart_decoration:Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah yang Selalu Bersyukur:heart_decoration:

Zakat ini kemudian diberikan kepada orang yang berhak menerimanya. Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… memberikannya kepada orang miskin. Terkadang Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… memberikannya kepada orang yang tidak dikenal yang meminta bagian zakat.

Zakat fitrah bisa dibayar pada awal Ramadhan, namun lebih utama dilakukan sebelum orang-orang berangkat mengerjakan shalat Idul Fitri. Jika pembayarannya dilakukan setelah shalat Ied itu tidak terhitung zakat tetapi menjadi sedekah biasa.

Dalam pelaksanaan zakat mal Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… mengirimkan utusan kepada orang-orang yang wajib mengeluarkan zakat. Utusan ini akan membantu menghitung kapan dan berapa zakat yang harus dikeluarkan. Harta yang diambil zakatnya dipilih yang berkualitas pertengahan.

Jika zakat telah terkumpul, Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… akan membaginya di tempat zakat itu berasal terlebih dahulu. Jika ada lebihnya baru disalurkan ke tempat lain. Begitulah zakat yang dilakukan Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

Suatu hari seorang ibu dan anak perempuannya mendatangi Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Di tangan si anak terdapat 2 gelang berukuran besar. Gelang tersebut terbuat dari emas. Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… yang melihat hal tersebut segera menanyakan apakah mereka telah mengeluarkan zakat atas barang tersebut.

"Belum Ya Rasulullah," jawab si ibu.

"Apakah engkau senang sekiranya Allah memakaikan gelang dari api neraka di akhirat kelak?" tanya Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… kembali.

Dengan segera ibu tersebut melepaskan kedua gelang anaknya. Kedua barang tersebut langsung diberikan kepada Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Perhiasan yang terbuat dari emas dan perak wajib dikeluarkan zakatnya. Namanya zakat mal. Zakat mal adalah zakat yang dikenakan pada harta benda yang dimiliki seseorang jika waktu dan jumlahnya telah mencukupi ketentuan, wajiblah dikeluarkan zakatnya.

:purse:MATERI 320:purse:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَ ุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…ุฏ

:heart_decoration:Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah yang Selalu Bersyukur:heart_decoration:

Nisab emas adalah 25 Dinar atau setara dengan 85 gram emas murni. Nisab perak adalah 200 dirham atau setara dengan 672 gram perak. Seseorang yang sudah 1 tahun memiliki emas yang setara dengan 20 dinar atau perak 200 dirham telah terkena wajib zakat, yakni sebesar 2,5%.

Masih banyak benda lain yang masuk kategori ini. Misalnya untuk saham, surat berharga, hasil perkebunan, barang dagangan, dan rikaz. Rikaz ialah barang berharga hasil temuan atau dikenal dengan nama harta karun. Zakat rikaz dikeluarkan pada saat menemukan barang tersebut. Zakat rikaz tetap harus ditunaikan walaupun barang itu ditemukan secara sengaja ataupun tidak. Nisab rikaz sama dengan emas dan perak, besar zakatnya pun sama. Jika barang tersebut sengaja dicari. Namun jika barang tersebut ditemukan secara tidak sengaja besar zakatnya adalah 20%.

Ada juga zakat ma'dan atau barang tambang. Nisab dan besar zakat ma'dan sama dengan emas dan perak.

Zakat yang lain ialah zakat fitrah, zakat yang dikeluarkan setiap bulan Ramadhan. Zakat fitrah dikenakan pada setiap orang Islam. Zakat fitrah hukumnya wajib. Janin yang masih berada dalam perut tidak wajib zakat, namun jika orang tuanya membayarkannya hal itu sangat dianjurkan. Zakat fitrah diwajibkan bagi yang memiliki kelebihan makanan pokok selama sehari semalam ukurannya adalah 1 sha. Ukuran 1 sha = 4 mud atau kira-kira 2,5 kg dari jenis makanan pokok. Makanan pokok ini disesuaikan dengan kebiasaan setempat. Jadi zakat fitrah yang dikeluarkan bermacam-macam bisa berupa beras, gandum, kurma, dan sebagainya.

Zakat fitrah boleh dikeluarkan selama bulan Ramadhan. Adapun yang utama dimulai dari terbitnya fajar pada hari Idul Fitri hingga dekatnya waktu dilaksanakannya shalat Ied. Namun harus diingat bahwa waktu tersebut tidak boleh terlewat. Jika pembayaran zakat dilakukan setelah pelaksanaan shalat Ied tidak terhitung pembayaran zakat fitrah. Tetapi hanya berupa sedekah biasa.

Zakat merupakan bukti ketakwaan kita karena telah menjalankan perintah ุง ู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰.
Selain itu zakat juga mempunyai manfaat lain.

Apa ya manfaatnya?

Kita lanjutkan besok ya kisahnya...In syaa Allah.

:memo:Editor : Ustadzah Ratna

:purse:MATERI 320:purse:

๐Ÿฉฐ๐Ÿฉฐ๐Ÿฉฐ๐Ÿฉฐ๐Ÿฉฐ๐Ÿฉฐ