Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba ุงู„ู„ّู‡ُ yang Kaffah.

๐Ÿ“šOneDayOneShiroh-lll๐Ÿ“—MATERI 301 - 310 ๐Ÿ“™๐Ÿ’š *Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah Yang Selalu Bersyukur *

๐Ÿฆ€OneDayOneSiroh-III๐Ÿฆ€

๐ŸฆMATERI 301๐Ÿฆ

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَ ุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…ุฏ

Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Ahli Ibadah yang Selalu Bersyukur

Dua kisah di atas menunjukkan keutamaan shalat berjamaah di Masjid. Bagi laki-laki shalat dikerjakan di masjid adalah hal yang diwajibkan. Bahkan sahabat yang buta pun tetap wajib melaksanakannya.

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan shalat berjama'ah. Salah satunya adalah pahalanya 27 derajat lebih utama dibandingkan shalat sendirian.

Karena keutamaannya Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… selalu melaksanakan shalat secara berjama'ah. Bilal ditunjuk sebagai muadzin. Sesekali Bilal digantikan oleh Abdullah bin Ummi maktum. Muadzin ialah orang yang mengumandangkan Adzan. Bilal dipilih karena memiliki suara yang lantang dan merdu.

Ketika menjadi imam, Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… sebenarnya sudah mengajarkan para sahabat tata cara shalat.

Selain sholat wajib dianjurkan juga untuk melaksanakan shalat sunnah. Shalat sunnah mempunyai banyak keutamaan. Salah satu keutamaannya adalah bisa untuk membangun rumah. Bagaimana bisa shalat untuk membangun rumah?

-----

Ummu Habibah sebagai Umma'hatul Mukminin sangat takjub mendengar penuturan Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Ummahatul mukminin berarti Ibu orang-orang beriman.

Gelar ini diberikan khusus kepada para istri Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Karena mereka adalah ibu orang-orang beriman.

Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… mengabarkan sebuah berita penting. Berita itu tentang amalan yang jika rutin dikerjakan akan berbuah manis. Hadiahnya adalah sebuah rumah di surga.

Sejak saat itu Ummu Habibah selalu mengerjakan amalan tersebut. Ummu Habibah tidak ingin kesempatan emas itu berlalu begitu saja. Dia ingin menjadi salah seorang pemilik rumah di surga bersama umat muslim yang selalu mengerjakan amalan tersebut. 

-------

Siapa saja yang mendengarnya tentu akan tertarik. Jangankan rumah di surga, memiliki rumah di dunia ini saja merupakan impian semua orang. Bahkan banyak orang rela menghabiskan uang demi sebuah rumah. Itu yang terjadi pada rumah di dunia.

Lalu bagaimana dengan rumah di surga? Tentu melebihi apapun. Rumah termewah dan termahal yang ada di dunia tidak bisa menandingi keindahan surga dan isinya.

Rumah di dunia dapat diperoleh dengan menghabiskan banyak uang. Namun tidak begitu dengan rumah di surga tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk memilikinya. Yang dibutuhkan hanya kesungguhan serta kecintaan yang besar pada sang Khalik.

-------


Salah satu kunci untuk mendapatkan rumah di surga adalah melaksanakan shalat sunnah rawatib. Shalat sunnah rawatib ialah shalat sunnah yang dikerjakan sebelum dan sesudah shalat wajib lima waktu.

Shalat sunnah rawatib berjumlah 12 rakaat. Sebanyak 2 rakaat dilakukan sebelum shalat shubuh. Sebelum shalat dzuhur 4(2+2) rakaat. Sesudah shalat dzuhur 2 rakaat. Setelah maghrib 2 rakaat. Setelah isya 2 rakaat.
Sebagai pemimpin yang baik Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… juga rutin melaksanakan shalat sunnah rawatib. Hanya sesekali beliau tidak melaksanakannya, yaitu saat sedang Safar atau bepergian. Namun Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… selalu mengerjakan shalat sunnah 2 rakaat sebelum shubuh.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya...In syaa Allah.

:memo:Editor : Ustadzah Ratna

:closed_book:MATERI 304:closed_book:

:ledger:๐Ÿ–Š:ledger:๐Ÿ–Š:ledger:๐Ÿ–Š:ledger: