Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba ุงู„ู„ّู‡ُ yang Kaffah.

๐Ÿ“šOneDayOneShiroh-lll๐Ÿ“—MATERI 216 - 220 ๐Ÿ“™๐Ÿ’š *Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Pembawa Mukjizat Terbesar*

 OneDayOneSiroh-III*

Materi 216:

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّٰู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ

ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…َّุฏٍ

*Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… Pembawa Mukjizat Terbesar*

Bahira memperhatikan tamu-tamunya dengan teliti. Dia tidak melihat orang dengan ciri-ciri yang ada dalam kitabnya.

"Apakah ada di antara kalian yang tidak datang memenuhi undanganku?" tanya Bahira.

"Ada. Dia hanya seorang anak kecil. Kami menugasinya untuk menjaga barang-barang dagangan kami."

"Bawalah ia kemari untuk ikut makan bersama," kata Bahira

:leaves:Mereka lantas membawa Muhammad kepada Bahira. Bahira menatap Muhammad dalam dalam. Dia memperhatikan beberapa anggota badan tertentu dengan teliti. Hasilnya ia yakin inilah orang yang dicari.

:high_brightness: Usai jamuan, Bahira menghampiri Muhammad.

"Wahai anak muda, demi Latta dan Uzza aku ingin menyatakan beberapa hal kepadamu. Aku berharap engkau mau menjawabnya," kata Bahira seraya bersumpah seperti layaknya orang-orang Quraisy. Dia mengira Muhammad akan bersumpah dengan cara yang sama, Namun Bahira keliru.

-------

"Jangan bertanya apapun kepada aku jika engkau menyebut namaatta dan Uzza. Demi Allah, aku tidak pernah membenci sesuatu melebihi kebencianku kepada keduanya." tegas Muhammad.

Bahira bertanya kepada Muhammad tentang seluk beluk kehidupannya. Muhammad menjawab semua yang ditanyakan oleh Bahira. Anehnya Bahira selalu membenarkan setiap jawaban yang diberikan oleh Muhammad.

Terakhir, Bahira akhirnya meminta izin hendak melihat punggung Muhammad. Dia semakin yakin, kalau anak muda inilah yang dicarinya. Bahira melihat tanda kenabian terletak di antara dua belikatnya.

Setelah itu, Bahira menemui Abu Thalib. Dia memberitahukan tentang apa yang diketahuinya.

"Segeralah bawa keponakanmu kembali ke negerimu! Waspadalah terhadap orang-orang Yahudi. Demi Allah andai mereka mengetahui yang aku ketahui dan mereka menemukan Muhammad, Mereka pasti akan membunuhnya. Pulanglah ke negerimu kelak anak ini akan menjadi orang besar," jelas Bahira

๐Ÿ•‹ Abu Thalib segera mengajak keponakannya kembali ke Mekah.

-------

Setelah Muhammad menerima wahyu kenabian, beliau memiliki banyak mukjizat yang dikaruniakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Mukjizat merupakan kejadian luar biasa yang keluar dari batas hukum alam. Mukjizat dianugerahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'Ala kepada utusan-Nya. Diantara sekian banyak mukjizat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam adalah Al Qur'an. Itu adalah mukjizat yang paling besar.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala menurunkan Al Qur'an pertama kali saat Muhammad berusia 40 tahun. Waktu itu beliau tengah menyendiri di Gua Hira. Beliau sedang mencari jawaban atas kegelisahan hatinya selama ini. Suatu malam pada bulan Ramadhan, Allah mengutus malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu. Jibril datang menyerupai seorang lelaki. Bukan main terkejutnya Muhammad ketika itu.

"Bacalah!" kata Jibril

"Aku tidak bisa membaca," sahut Muhammad ketakutan.

"Bacalah!" perintah Jibril lagi

"Apa yang harus aku baca?" tubuh Muhammad gemetaran.
-------

"Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu Maha Pemurah yang mengajarkan dengan pena. Mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya...."

Muhammad terus mengikuti apa yang dikatakan oleh Jibril. Setelah kata-kata itu terpatri di hati beliau, Jibril menghilang. Sebelum Al Qur'an diturunkan ke dunia ini, telah ada bermacam-macam kitab suci yaitu Zabur, Taurat, dan Injil. Allah menurunkan Al Qur'an sebagai penyempurna dari kitab-kitab terdahulu. Al Qur'an berbeda dengan kitab sebelumnya yang hanya diperuntukan bagi kaum tertentu. Al Qur'an diturunkan untuk seluruh alam.

Al Qur'an tidak seperti kitab lain yang telah berubah isinya, karena campur tangan manusia. Al Qur'an terjaga kemurniannya sepanjang masa. Allah telah memberikan jaminan-Nya. Allah Subhanahu Wa Ta'ala menghendaki Al Qur'an sebagai mukjizat yang abadi.

๐Ÿ—“Al Qur'an diturunkan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam secara berangsur-angsur. Maksudnya agar isinya lebih mudah dimengerti dihafalkan dan diamalkan. Al Qur'an berisi aturan hukum alam ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
-------

Al Qur'an diturunkan dalam waktu sekitar 23 tahun. Selama 13 tahun Al Qur'an diturunkan di Mekah dan 10 tahun di Madinah.

Keistimewaan Al- Qur'an dibandingkan kitab lain adalah dengan membacanya saja sudah termasuk ibadah. Nilai mukzijatnya adalah dari segi bahasa, pembuktian ilmiah, dan hukum syara.

Dari segi bahasa keindahan Al Qur'an tidak tertandingi. Orang-orang musyrik pernah menuduh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam membuat Al Qur'an. Allah Subhanahu Wa Ta'Ala menjawab keraguan itu dengan memberikan tantangan kepada kaum musyrik untuk membuat tandingan Al Qur'an. Orang musyrik tidak mampu memenuhi tantangan tersebut. Namun mereka tetap tidak mau mengakui kebenaran Al Qur'an.

๐ŸงซDari segi pembuktian ilmiah, Al Qur'an merupakan sumber rujukan bagi pengetahuan modern. Jauh sebelum manusia meneliti tentang bahaya makan daging babi Al Qur'an telah mengharamkan untuk memakan daging babi. Setelah diteliti ternyata dalam daging babi mengandung penyakit yang dapat membahayakan manusia.

:sweat_drops: Dari segi hukum syara, di dalam Al-Qur'an terdapat penjelasan terhadap segala sesuatu di alam ini. Dalam Al Qur'an dijelaskan rahasia alam semesta yang menjadi tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya.....

ูˆَ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

:memo:Editor:Ustadzah Ratna

:sweat_drops:MATERI 220