Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba ุงู„ู„ّู‡ُ yang Kaffah.

๐Ÿ“šOneDayOneShiroh-lll๐Ÿ“—MATERI 126 - 130 ๐Ÿ“™ *๐Ÿ’ŸMuamalah Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…* ๐Ÿ’Ÿ

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŽ‡๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

๐Ÿ“– *OneDayOneSiroh-III*

๐ŸŽ‡ Materi 126 ๐ŸŽ‡

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّٰู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ

ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

 ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…َّุฏٍ

*๐Ÿ’ŸMuamalah Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…* ๐Ÿ’Ÿ

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga mencontohkan agar umatnya hidup hemat dan tidak bermewah -mewahan. Hal itu ditunjukkan sampai akhir hayat beliau. Meski pernah hidup dalam gelimang harta, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tetap bersahaja.

๐Ÿ“ฆ Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga mulai membangun Baitul Mal. Baitul Mal sama dengan kas negara. Ide ini muncul saat turun ayat pertama dari Al Qur'an surat Al-Anfal. Ayat ini turun saat Perang Badar berkecamuk. Ketika itu umat Islam mendapat ghonimah  (harta rampasan perang) dalam jumlah banyak. Para sahabat pun berbeda pendapat dalam membagikan ghanimah yang mereka dapatkan. Kemudian turunlah ayat pertama tersebut yang berbunyi "Mereka menanyakan kepadamu Muhammad tentang pembagian harta rampasan perang. Katakanlah harta rampasan perang itu milik Allah dan Rasul. Maka bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah hubungan di antara sesama dan taatlah kepada Allah dan Rasulnya jika kamu beriman." (Al Qur'an surat Al Anfal:ayat 1).


-------

Sahabat lain yang meneladani Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam bisnis adalah Utsman bin Affan. Utsman bin Affan sudah dikenal sebagai saudagar kaya saat memeluk Islam. Dia mulai menjalankan bisnis dengan berlandaskan Al Qur'an dan teladan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Hal ini yang membuatnya bertambah kaya.

๐Ÿ’ฐ Usman bin Affan juga meneladani kedermawanan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Saat Perang Tabuk dia menyumbangkan 950 ekor unta, 50 ekor kuda serta uang seribu dinar. Dia juga pernah membeli sumur raumah dari orang Yahudi, ketika umat Madinah kekurangan minum.

๐ŸŒ Melihat sikap Utsman bin Affan ini Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda, "Apa yang diperbuatnya pada hari ini, Utsman tidak akan pernah merugi di akhirat. (Hadits riwayat Tirmidzi).


-------

Melalui Baitul Mal Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengadministrasikan berbagai pendapatan negara. Saat itu negara mendapatkan pemasukan dari zakat dan khumus (seperlima dari harta rampasan perang atau pajak bagi orang muslim yang kaya). Meski dipimpin sendiri oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, beliau juga menugaskan beberapa orang yang langsung ditunjuknya.

๐Ÿ“™Muaiqib bin Abi Fatimah Ad Dausi adalah salah seorang yang ditunjuk Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai pencatat ghanimah.

๐Ÿ““ Zubair bin Awwam ditugasi sebagai  pencatat harta zakat.

๐Ÿ“— Untuk posisi penulis hasil pertanian warga Hijjaz,  Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menunjuk Hudzaifah Al Yamani.

๐Ÿ“” Abdullah bin Rawahah bertugas sebagai penafsir hasil panen warga Khaibar.

๐Ÿ“˜ Lalu  sebagai pencatat hutang piutang, Rasulullah menunjuk Al-Mughirah bin Syu'bah.

๐Ÿ“•Abdullah Bin Arqam lantas ditunjuk sebagai pengelola sumber daya negara, termasuk air. (Ibn al-Jauzi, sifat as shafwah)

๐Ÿ“ฆ Melalui Baitul Mal, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam benar-benar memperhatikan kesejahteraan umatnya kala itu. Bahkan sepeninggal Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, semua tetap berjalan sesuai fungsinya.

๐Ÿ‘‘ Pengalaman Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam dalam berbisnis dijadikan teladan oleh para sahabat. Banyak juga sahabat yang meraih kesuksesan.


-------

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam adalah sumber keteladanan bagi kaum Muslim di seluruh dunia. Beliau juga teladan dalam berbisnis dan menggunakan harta di jalan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Tidak hanya memberi teladan lewat sikap dan ucapan, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selalu memberikan motivasi dan nasehat kepada para sahabat.

๐ŸŒˆPara sahabat berkembang mengikuti jejak Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Pengalaman beliau menjadi semangat bagi para sahabat untuk menjadikan bisnis sebagai bekal ibadah dan perjuangan dakwah.

☄️Abdurrahman bin Auf dikenal sebagai salah satu Assabiqunal Awwalun (orang pertama yang memeluk Islam) dia juga dikenal sebagai pedagang yang sangat ulung dan kaya raya. Abdurrahman bin Auf memulai usahanya dengan menjadi pedagang sagu dan minyak samin. Atas kegigihannya dia berhasil mengumpulkan sedikit demi sedikit uang.

๐Ÿ’ฐSebagai seorang saudagar kaya Abdurrahman bin Auf juga dikenal sangat dermawan. Pernah dia menyumbangkan 2.000 Dinar hartanya untuk kepentingan dakwah saat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam membutuhkan dana untuk kepentingan pasukan muslim dalam Perang Tabuk. Abdurrahman bin Auf menyumbangkan 200 uqiyah emas.

-------

Abu Bakar As Siddiq adalah sahabat berikutnya yang dikenal karena kekayaannya. Ia merupakan orang pertama yang masuk Islam setelah keluarga Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sendiri.

๐Ÿ’งAsma R.A. berkata, "Ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam hijrah dan Abu Bakar menemaninya, Abu Bakar membawa seluruh harta yang saat itu berjumlah 5.000 atau 6.000 dirham. Abu Bakar berangkat membawa semua hartanya itu.

๐Ÿน Ketika Perang Tabuk berkecamuk, para sahabat berlomba menyumbangkan hartanya untuk kepentingan umat muslim. Saat itu Umar bin Khattab ingin mengalahkan Abu Bakar As Siddiq dalam berderma. Umar bin Al Khattab menemui Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan menyerahkan setengah hartanya.

๐ŸŒ  Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bertanya, "Berapa yang kau sisakan untuk keluargamu?"

"Sebanyak yang ku serahkan ini," jawab Umar taqzim.

❄️ Lalu datanglah Abu Bakar as-Siddiq, ia menyerahkan semua harta yang dimilikinya. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam pun bertanya, "Hai Abu Bakar berapa yang kau sisakan untuk keluargamu?"

๐Ÿ’ฆ Abu Bakar lantas menjawab, "Ya Rasulullah aku menyisakan Allah dan rasul-Nya untuk mereka."

๐Ÿ’  Saat itu Umar Bin Khattab berkata dalam hati, "Demi Allah aku tidak akan pernah dapat mengalahkannya." (Hadits riwayat Tirmidzi)

๐Ÿ’™ Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selalu mengajarkan kepada sahabat-sahabatnya prinsip bisnis yang baik.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... insyaaAllah

 ูˆَ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

๐Ÿ“Editor:Ustadzah Ratna

๐Ÿ’  MATERI 130 ๐Ÿ’ 

๐Ÿ’ง๐Ÿ’ง๐Ÿ’ง๐Ÿ’ง๐Ÿ’ง๐Ÿ’ง๐Ÿ’ง