Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba ุงู„ู„ّู‡ُ yang Kaffah.

๐Ÿ“šOneDayOneShiroh-lll๐Ÿ“—MATERI 106 - 110 ๐Ÿ“™ *๐Ÿ’ŸMuamalah Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…* ๐Ÿ’Ÿ

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒ ๐ŸŒด๐ŸŒ ๐ŸŒด๐ŸŒด

๐Ÿ“– *OneDayOneSiroh-III*

๐ŸŒ  Materi 106 ๐ŸŒ 

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّٰู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ

ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

 ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…َّุฏٍ

๐Ÿ’Ÿ *Muamalah Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…* ๐Ÿ’Ÿ

Seiring berjalannya waktu, banyak pedagang lain yang mengenal Muhammad. Umumnya para pedagang Ini mendengar tentang kebaikan Muhammad dan istrinya yang terkenal rajin bersedekah. Tidak ada ketakutan di hati mereka akan berkurangnya harta. Justru harta keduanya  semakin melimpah. Masya Allah.

"Aku dengar Muhammad mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat, dari mana ya dia mendapatkannya?" ujar seorang pedagang. Aku juga heran. Bagaimana, ya, cara dia berdagang?Kenapa bisa sebesar itu keuntungannya?" ujar temannya.

"Padahal, barang dagangan kita sama. Jalur dagang kita juga sama. Kenapa hasilnya beda ya?"

๐ŸŒบ Setelah diselidiki ternyata keuntungan yang berlipat ganda itu didapatkan karena Muhammad memiliki sifat-sifat yang sangat mulia. Khadijah yang juga dikenal berakhlak mulia ikut menerapkan gaya kepemimpinan suaminya itu.

๐Ÿ’š Selain dikenal sebagai Al Amin, Muhammad dikenal memiliki sifat Sidiq. Siddiq artinya benar.

"Apakah kau pernah bekerja sama dengan lelaki bernama Muhammad?" ujar seorang pemilik modal kepada temannya.

"Ya, aku pernah bekerja sama dengannya," jawab temannya.

"Bagaimana pendapatmu tentangnya."

"Dia orang yang sangat jujur, ucapannya selalu benar, jika ada barang dagangannya yang rusak akan mengatakannya."

"Kalau begitu aku ingin bekerja sama dengannya," ucap pemilik modal itu mantap.

-----

Bisnis Muhammad semakin kukuh dan berkah setiap harinya. Khadijah tentu bersyukur karena mendapatkan suami seperti Muhammad. Begitu pula dengan Muhammad, beliau sangat bersyukur beristrikan Khadijah.

๐ŸŒฑ Dalam berdagang Muhammad selalu mengutamakan akhlak mulia. Muhammad adalah teladan yang sempurna. Kepandaiannya dalam berbisnis memukau siapa pun. Banyak pedagang yang tertarik kepada beliau. Muhammad selalu mengutamakan kewajibannya. Beliau lebih mementingkan akhlak yang mulia.

๐ŸŒพ Muhammad selalu bersemangat dalam melayani pelanggan dan mitra bisnisnya. Beliau selalu menjalin hubungan baik dengan mereka, juga tidak segan-segan mendoakan mereka. Muhammad selalu berbaik sangka kepada pelanggan dan mitra bisnisnya.

-----

Kecerdasan komunikasi beliau dengan pelanggan dan mitra bisnisnya sangat tinggi. Saat menghadapi pelanggan, Muhammad kerap menunjukkan keterbukaan diri. Itu sebabnya banyak pelanggan yang percaya terhadap kualitas dagangan Muhammad.

๐Ÿ”ธSuatu hari seseorang ingin membeli kain yang dijual oleh Muhammad. Muhammad tidak mau menjual kain tersebut karena ada bagian yang sobek. Namun pembeli itu memaksa.

"Aku suka dengan kain yang kaujual. Berapa pun kau jual, aku akan membelinya," ujar pembeli itu.

๐Ÿ”นMuhammad segera menunjukkan kain dengan bagian yang sobek, beliaupun mengurangi harga kain tersebut. Namun pembeli tetap membeli dengan harga biasa. Pembeli itu menghargai kejujuran Muhammad.


-----

๐Ÿ’ŽMuhammad tidak pernah menolak pelanggan dengan alasan malas. Beliau selalu ingin mengedepankan kualitas pelayanan. Beliau tidak segan-segan mengucapkan salam dan menyapa pelanggan terlebih dahulu. Muhammad menyambut mereka dengan hangat dan memberikan senyuman terbaik.

⭐️Muhammad berbisnis atas dasar ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'Ala. Bagi beliau bisnis bukan sekedar mencari keuntungan dan kekuasaan dunia. Oleh karena itu beliau selalu menjaga silaturahmi dengan mitra bisnisnya. Meski ramah dan bersifat terbuka Muhammad tetap bisa bersikap tegas. Khususnya ketika beliau merasa dirugikan. Jika dirasa transaksi yang dilakukan memberatkan salah satu pihak, beliau  tidak segan-segan membatalkannya. Beliau tidak ingin sekedar mendapatkan untung duniawi. Lebih dari itu beliau juga menginginkan ridho Allah Subhanahu Wa Ta'Ala.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... InsyaaAllah

 ูˆَ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

๐Ÿ“Editor:Ustadzah Ratna

⭐️ MATERI 110 ⭐️

✨✨✨✨✨✨✨