Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba ุงู„ู„ّู‡ُ yang Kaffah.

๐Ÿ“šOneDayOneShiroh-lll๐Ÿ“—MATERI 96 - 100๐Ÿ“™ *๐Ÿ’ŸMuamalah Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…* ๐Ÿ’Ÿ

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐Ÿ™๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

๐Ÿ“– *OneDayOneSiroh-III*

๐ŸŒฟ Materi 96 ๐ŸŒฟ

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّٰู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ

ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

 ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…َّุฏٍ

๐Ÿ’Ÿ *Muamalah Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…* ๐Ÿ’Ÿ

Ketika menghadapi Khadijah, Muhammad bersikap sangat sopan. Beliau selalu menundukkan wajahnya. Khadijah langsung menyukai Muhammad. Begitu melihatnya firasat Khadijah mengatakan bahwa pemuda ini akan berhasil memimpin kabilahnya menuju Syam.

"Wahai Muhammad," ujar Khadijah. "Aku memanggilmu karena kejujuran dan tanggung jawabmu yang sudah terpercaya."

๐Ÿ’ Saat itu Muhammad tidak banyak bicara, hanya mengangguk dan tersenyum.

"Aku memilihmu dan akan kubayar kau dua kali lipat dari yang biasa diterima orang lain. Bagaimana kau setuju?" kata Khodijah.

๐ŸŒทMuhammad mengangkat wajahnya sedikit, tersenyum dan mengangguk. Beliau kemudian kembali menunduk. Dahi Khadijah mengernyit melihat hal ini, tapi dia menyukainya. Itu berarti Muhammad dapat menjaga kehormatannya di depan seorang perempuan.

-----

Pada hari yang sudah ditentukan, Muhammad dan rombongannya berangkat menuju negeri Syam. Seorang laki-laki bernama Maisaroh diutus oleh Khadijah untuk membantu Muhammad selama dalam perjalanan. Semua yang berada dalam rombongan tersebut merasa aman dan nyaman di bawah kepemimpinan Muhammad. Meski masih belia, Muhammad mampu membuat keputusan-keputusan penting.

๐Ÿ‘‘ Setibanya di Syam Muhammad berpesan kepada kafilah-kafilah yang dipimpinnya untuk tidak curang dan membohongi pembeli. Muhammad juga berpesan untuk tidak saling merugikan pedagang lain. Mendengar hal ini Maisaroh tersenyum dan merasa senang. Apalagi saat dilihatnya Muhammad sedang bertransaksi.

๐ŸŒธ Ketika ada pembeli datang Muhammad mengucapkan salam dan tersenyum. Muhammad juga selalu bersikap demikian kepada pedagang lain saat  beliau hendak membeli barang dagangan untuk dijual lagi di Mekah nanti. Muhammad menawar harga dengan santun dan tidak memaksa. Jika tidak mendapat harga yang diinginkan, Muhammad akan meminta maaf dan menolak dengan halus.

-----

Ekspedisi dagang ini meraih sukses besar di Syam. Sesampainya di Mekah Muhammad disambut hangat. Setelah melakukan tawaf di Ka'bah, Muhammad bergegas menemui Khodijah ingin melaporkan hasil yang sudah diperoleh selama berdagang ke Syam.

๐Ÿ‘‘ Sebuah senyuman hangat tersungging di bibir Khodijah. Saat menyambut Muhammad. Khodijah merasa lega dan senang dengan hasil yang didapat Muhammad. Khodijah juga  mendengarkan penuturan Maisaroh tentang tindak-tanduk Muhammad selama dalam perjalanan dan ketika sedang berada di Syam.

"Wahai Muhammad Sekarang aku tahu kenapa mereka menyebutmu Al Amin," ujar Khodijah.

๐ŸŒธKekaguman Khodijah kepada Muhammad semakin besar. Apakah yang akan dilakukan Khodijah berkaitan dengan perasaannya itu?


-----

Sebagai seorang perempuan terhormat, Khodijah memang mempunyai hak untuk memilih siapa calon suaminya. Namun ia masih merasa malu untuk meminang seorang laki-laki. Apalagi usia mereka terpaut jauh.

๐ŸŒนSemakin lama, kekaguman Khadijah terhadap Muhammad sudah tidak bisa ditutupi. Muhammad yang jujur dan terpercaya sudah menjadi buah bibir masyarakat Mekkah. Bahkan Muhammad sudah terkenal ke beberapa kota lainnya sebagai pedagang yang amanah.

๐ŸŒฟSebenarnya bukan hanya Khadijah yang tertarik kepada Muhammad. Banyak gadis-gadis dan perempuan kaya Mekah yang begitu tertarik kepada beliau. Mereka berusaha menarik perhatian Muhammad. Mereka sangat berharap Muhammad menjadi suaminya. Namun Muhammad sepertinya tidak tertarik. Akibatnya banyak gadis dan perempuan Mekah yang kecewa.


-----

Khadijah begitu kagum akan keberhasilan Muhammad pemimpin ekspedisi dagang Syam. Ekspedisi dagang tersebut menghasilkan untung yang berlipat-lipat. Keuntungan sebesar itu tidak mungkin didapatkan kalau yang memimpin ekspedisi nya bukan orang yang istimewa. Orang itu harus memiliki kecerdasan dan bakat dagang yang luar biasa. Selain itu Muhammad juga sangat jujur dan sopan. Inilah keutamaan yang ada pada diri Muhammad.

"Muhammad memang sangat berbakat dalam berdagang. Dia menjalankan bisnisnya berbeda dengan pedagang lainnya."

๐ŸŒปKhadijah terus-menerus memikirkan Muhammad.  Selama ini banyak pinangan dari lelaki terpandang dan kaya yang ditolaknya. Namun hatinya tidak dapat menolak sosok Muhammad.


Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... InsyaaAllah


 ูˆَ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

๐Ÿ“Editor:Ustadzah Ratna

๐ŸŒฟ MATERI 100 ๐ŸŒฟ

๐ŸŒป๐ŸŒฟ๐ŸŒป๐ŸŒฟ๐ŸŒป๐ŸŒฟ๐ŸŒป