Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba ุงู„ู„ّู‡ُ yang Kaffah.

๐Ÿ“šOneDayOneShiroh-lll๐Ÿ“—MATERI 91-95 ๐Ÿ“™ *๐Ÿ’ŸMuamalah Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…* ๐Ÿ’Ÿ

๐ŸŒด๐ŸŒด๐Ÿ•‹๐Ÿ•‹๐Ÿ•‹๐ŸŒด๐ŸŒด

๐Ÿ“– *OneDayOneSiroh-III*

๐Ÿ•‹ Materi 91 ๐Ÿ•‹

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّٰู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ

ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

 ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…َّุฏٍ

๐Ÿ’Ÿ*Muamalah Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…* ๐Ÿ’Ÿ

Ketika itu senyuman Al Asajj semakin lebar. Dia tahu orang yang di depannya ini bukan sekedar pedagang dari Mekah. Beliau adalah sosok istimewa dengan sifat dan kemampuan yang istimewa pula.


⚜️ Dari riwayat di atas tergambar betapa luasnya penguasaan dagang Muhammad. Selain berwawasan luas, dia juga sangat jujur. Kecerdikan dalam pengambilan peluang juga menjadi penentu keberhasilannya dalam perdagangan. Berbagai keutamaan yang ada pada dirinya membuat beliau begitu terkenal.

๐ŸŒปBegitu banyak pemilik modal yang ingin bekerja sama dengan beliau. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi mitra bisnisnya.
Para pemilik modal begitu percaya kepada Muhammad, hal itu tergambar dari kata-kata yang disampaikan oleh salah seorang pemilik modal kaya di Mekah. "Aku memilihmu untuk menjual barang daganganku. Aku sangat percaya kepadamu. Aku akan memberimu upah yang lebih besar daripada yang diberikan orang lain kepadamu."





-----

 Rupanya darah wirausaha sang kakek terwariskan kepada diri Muhammad. Sekarang setiap orang mengenal sosok Muhammad. Beliau adalah pemuda yang gigih dan suka bekerja keras.

๐ŸŒทDari seorang pengembala, Muhammad menjadi seorang pedagang. Tiap hari pelanggan Muhammad semakin banyak. Bukan itu saja, banyak pedagang yang ingin bekerja sama dengan beliau.

๐Ÿ•‹ Orang-orang ini umumnya berasal dari sekitar Mekah. Namun ada juga yang berasal dari luar negeri. Sifat  Muhammad sebagai pedagang yang jujur dan amanah terus berhembus.

"Aku sering mendengar namamu. Banyak yang bilang bahwa Engkau adalah seorang pedagang yang jujur. Karena itu aku ingin bekerjasama denganmu," ujar seorang pedagang kepada Muhammad.

-----

Sebagai pedagang, Muhammad selalu mengemban amanah dengan baik. Muhammad selalu memberikan hak pembeli dan orang-orang yang mempercayakan modalnya kepada beliau.

๐ŸŒน Muhammad selalu melaporkan keuntungan yang didapatkannya kepada pemilik modal. Beliau  tidak pernah berbohong. Itulah sebabnya para pemilik modal senang berbisnis dengan Muhammad.

-------------------------------------
๐Ÿ”† Salah seorang sahabat Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam yang bernama Ubadah bin Shamit meriwayatkan bahwa beliau pernah bersabda, "Berikanlah kepadaku 6 jaminan dari diri kamu, maka aku menjamin surga untuk kamu yaitu: berlaku benar saat berbicara, tepatilah ketika kamu berjanji, tunaikanlah amanah, pejamkanlah mata kamu dari yang dilarang, serta tahanlah tangan kamu dari menyakiti dan mengambil hak orang lain" (Hadits riwayat Ahmad).

-----

 ๐ŸŒทMuhammad tidak pernah  mengingkari janji yang telah disepakati. Oleh karena itu banyak orang yang mempercayakan modalnya kepada beliau. Beliau juga pantang menyembunyikan cacat atas barang yang dijualnya. Beliau juga tidak pernah mempermainkan harga pasar.

๐ŸŒผ Nama baik Muhammad sebagai pedagang amanah telah menjadi pembicaraan ramai. Para pemodal tidak ragu-ragu untuk menjadikan Muhammad sebagai mitra bisnisnya. Selain itu banyak juga yang tertarik untuk menjadikan Muhammad sebagai menantunya atau suaminya.

๐ŸŒนSaat itu Muhammad menjadi pemuda idaman para gadis dan perempuan kaya. Dari sekian banyak pengusaha, ada seorang perempuan pengusaha yang sangat tertarik kepada Muhammad.

 -----

 Di Mekah ada seorang perempuan yang dikenal dengan julukan thohiroh. Artinya perempuan yang suci. Julukan ini diberikan kepada perempuan itu karena dia pandai menjaga kehormatannya. Selain itu dia juga dikenal sebagai pebisnis sukses. Siapakah dia?

๐ŸŒผ Dia adalah Khadijah binti khuwailid. Ayah Khodijah yaitu Khuwailid dikenal sebagai lelaki cerdas berakhlak mulia, jujur dan pebisnis kaya. Tidak heran jika Khodijah mewarisi kebaikan sang ayah. Apalagi keluarga mereka termasuk keluarga paling terhormat di Quraisy.

๐ŸŒฟSuatu ketika Khodijah berniat mengirimkan khafillah dagang ke negeri Syam. Khodijah membutuhkan seseorang untuk mengawasi dan memimpin rombongan tersebut. Saat itu masyarakat Mekkah sedang ramai membicarakan Muhammad bin Abdullah. Muhammad dikenal sebagai orang yang jujur dan berakhlak mulia. Khodijah pun segera memanggilnya

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... InsyaaAllah

ูˆَ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

๐Ÿ“Editor:Ustadzah Ratna

๐ŸŒฟ MATERI 95 ๐ŸŒฟ





๐ŸŒผ๐ŸŒฟ๐ŸŒผ๐ŸŒฟ๐ŸŒผ๐ŸŒฟ๐ŸŒผ