Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba ุงู„ู„ّู‡ُ yang Kaffah.

๐Ÿ“šOneDayOneShiroh-lll๐Ÿ“—MATERI 51 - 55๐Ÿ“™ ๐Ÿ’Ÿ *Kehidupan Keluarga Rasulullah SAW* ๐Ÿ’Ÿ

๐ŸŒด๐ŸŒด๐Ÿ˜๐ŸŒด๐Ÿ˜๐ŸŒด๐Ÿ˜๐ŸŒด๐ŸŒด

๐Ÿ“– *OneDayOneSiroh-III*๐Ÿ“–

๐Ÿ˜ Materi 51 ๐Ÿ˜

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّٰู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ

ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

 ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…َّุฏٍ

๐Ÿ’ *Kehidupan Keluarga Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…* ๐Ÿ’

๐Ÿ›Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bertanggung jawab atas kehidupan anak-anaknya. Sejak kecil Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam merawat mereka dengan penuh cinta kasih. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak segan untuk memandikan dan mengenakan pakaian mereka. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam pandai menyenangkan hati putra-putrinya.

๐Ÿ’ž Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam senang bercanda dan bermain dengan anak-anaknya. Karena itulah hubungan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dengan anak-anaknya sangat dekat. Anak-anak Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat mencintai ayahnya.

๐Ÿ›ฃPada suatu hari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berdakwah ke penduduk Thaif. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam diperlakukan tidak baik. Orang-orang menyakiti Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan badan beliau kotor dan terluka.

๐Ÿ’ฆSesampainya di rumah, Fatimah memeluk Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Fatimah menangisi ayahnya, kemudian ia membersihkan wajah dan rambut Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sambil menangis terus menerus.


-----

๐Ÿ“˜ Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memiliki beberapa orang anak dari pernikahannya bersama Khadijah. Putra putri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam adalah Qasim, Abdullah, Ruqayyah, Ummu Kultsum, dan Fatimah. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga dikaruniai 1 orang anak bernama Ibrahim dari pernikahannya bersama Mariah al-Qibthiyah.

๐Ÿ˜Semua anak lelaki Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dari Khodijah meninggal sebelum beliau diangkat menjadi rasul. Sementara itu anak-anak perempuan beliau mengalami masa-masa ketika ayahnya diangkat menjadi rasul. Ada yang meninggal ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam masih hidup dan ada yang meninggal setelah beliau wafat.

๐Ÿ’ฆQasim adalah putra pertama yang sangat dicintai Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Qasim dilahirkan di Kota Mekah. Qosim meninggal dunia ketika berusia 2 tahun. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersedih hati dan merasa kehilangan.

-----

๐ŸŒ Putra kedua Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam diberi nama Abdullah. Abdullah dinamakan juga dengan At Thayyib yang baik dan At Thahir yang suci karena dia dilahirkan sesudah Islam datang. Ada pendapat yang mengatakan bahwa At Thayyib dan At Thahir ini adalah putra Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang lain, tetapi pendapat pertama yang benar. Abdullah juga meninggal ketika masih kecil.

๐Ÿฅ€Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dianugerahi anak laki-laki lagi setelah diangkat menjadi rasul. Anak dari pernikahannya dengan Mariah al-Qibthiyah itu diberi nama Ibrahim. Ibrahim pun tidak berumur panjang

๐Ÿ—“ Pada tahun 10 Hijriah Ibrahim meninggal dunia. Saat itu Ibrahim baru berusia 18 bulan. Kala itu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam merasa sangat kehilangan. Beliau terisak sambil menggendong jasad Ibrahim.

๐Ÿ’ฆ Zainab meninggal di Madinah tahun 8 Hijriyah. Dia menderita sakit kekurangan darah. Anak Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dengan Khadijah yang lain adalah Rukayah. Dia hidup hingga dewasa dan diperistri oleh Utsman bin Affan. Rukayyah meninggal di pangkuan suami tercintanya.

-----

๐ŸŒผ Adik Ruqayyah adalah Ummu Kultsum. Dia hidup hingga dewasa dan merasakan hidup berumah tangga. Setelah Ruqayyah meninggal, Ummu Kultsum diperistri oleh Utsman bin Affan. Ummu Kultsum pun akhirnya meninggal di pangkuan Utsman bin Affan.

๐ŸŒปFatimah adalah putri bungsu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam. Dia hidup hingga dewasa dan merasakan hidup berumah tangga. Dia memiliki beberapa orang anak. Fatimah meninggal 6 bulan setelah wafatnya Rasulullah  Shallallahu Alaihi Wasallam.

⭐️Anak-anak lelaki Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam meninggal dunia ketika masih kecil. Mereka tidak sempat berumah tangga dan memiliki  keturunan. Hal ini ada hikmahnya. Seperti yang kita tahu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam adalah nabi penutup. Jelasnya tidak akan ada nabi lagi setelah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Nabi-nabi sebelumnya memiliki anak laki-laki yang juga diangkat menjadi nabi. Jika anak lelaki Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam hidup hingga dewasa di khawatirkan umat menganggapnya sebagai nabi juga.

-----

๐ŸŒ Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam  dikaruniai 4 putri. Rasulullah  begitu mengasihi mereka. Semua turut merasakan masa-masa sulit yang dilalui Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam berdakwah. Mereka dididik dalam keluarga dakwah. Tidak heran jika mereka tumbuh menjadi muslimah yang tangguh.

๐Ÿ’ Zainab binti Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam adalah Putri pertama Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dia lahir di Mekah 10 tahun sebelum masa kenabian, sehingga tumbuh menjadi sosok yang santun dengan budi bahasa yang indah. Zainab memiliki panutan pribadi yang baik yaitu kedua orang tuanya. Ketika Zainab sudah beranjak remaja, ia menikah dengan Abul Adh bin Rabi'. Mereka hidup bahagia.

๐Ÿ’  Pernikahan mereka menemui batu ujian. Keduanya berpisah karena berbeda keyakinan. Zainab sudah memeluk Islam sedangkan suaminya belum. Keteguhan hati Zainab dalam menanti keimanan suaminya berbuah manis. Abul Ash akhirnya mengucapkan dua kalimat syahadat. Keduanya kembali menikah. Kebahagiaan yang dirasakan jauh lebih besar setelah mereka hidup dalam naungan Islam.

๐Ÿฅ€Pernikahan mereka kembali diuji. Mereka harus berpisah untuk selamanya. Zainab meninggal dunia pada tahun 8 Hijriyah. Abu Ash merasa sangat kehilangan. Perempuan yang begitu dicintainya pergi untuk selamanya.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... InsyaaAllah

 ูˆَ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

๐Ÿ“ Editor : Ustadzah Ratna

๐Ÿ’  MATERI 55 ๐Ÿ’ 

๐Ÿ’™๐Ÿ’ ๐Ÿ’™๐Ÿ’ ๐Ÿ’™๐Ÿ’ ๐Ÿ’™