Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

📚OneDayOneShiroh-lll📗MATERI 6-10📙 💟 *Kehidupan Keluarga Rasulullah SAW* 💟

🌴🌴🕋🌴🕋🌴🌴

📚OneDayOneSiroh-II📚

🌺 Materi 006 🌺

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمد

💟Kehidupan Keluarga Rasulullah💟

🕋Kaum Quraisy memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kaum lainnya. Kaum Quraisy diberi kewenangan untuk mengurus Ka'bah. Kaum Quraisy suka menyambut para tamu yang datang untuk melaksanakan ibadah haji. Keistimewaan lainnya adalah mereka disebutkan Allah subhanahu wa taala dalam Al Qur'an. Nama mereka juga dijadikan nama surat dalam Al Qur'an yaitu surat
Quraisy.

🗺 Dalam surat Quraisy diceritakan kebiasaan orang-orang Quraisy. Mereka senang melakukan perdagangan ke berbagai negara. Mereka melakukan perjalanan baik pada musim dingin, maupun pada musim panas. Orang pertama yang melakukan perjalanan dua musim ini adalah Hasyim. Dia terkenal sebagai orang yang santun dan terhormat.

🌷Hasyim menikah dengan Salma. Keduanya dikarunia putra bernama Abdul Muthalib. Muthalib memiliki seorang putra yang bernama Abdullah. Abdullah adalah ayah kandung seorang rasul pilihan, Muhammad Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

----

🔹Lelaki paruh baya berbadan tegap diam termenung kembali. Sesekali telapak tangannya mengusap wajahnya. Ditariknya nafas dalam-dalam. Dengan enggan, dihembuskanlah kembali.  Lelaki itu gundah gulana. Dia teringat nadzarnya.

🔸"Jika aku punya sepuluh anak laki-laki, ketika mereka sudah dewasa akan aku kurbankan 1 orang," begitu nadzarnya.

🔺Lelaki bernama Abdul Muthalib itu merasa sekaranglah saatnya menunaikan nazar itu. Ke-10 anak lelakinya sudah tumbuh dewasa, mereka sehat, dan tampan. Tidak ada alasan baginya untuk menunda nazar tersebut.

🌄Pada suatu siang yang terik, Abdul Muthalib memanggil ke-10 putranya. Dia mengutarakan ulang nazarnya yang akan segera dibayar. Ternyata mereka tidak rela dengan itu.

----

🐫Abdul Muthalib diminta mengundi Abdullah dengan 10 ekor unta. Jika unta yang keluar dalam undian, unta-unta itu yang akan disembelih. Tapi jika nama Abdullah yang keluar, jumlah unta harus ditambah 10 ekor lagi sampai Tuhannya ridho.

🗳Sesampainya di rumah Abdul  Muthalib langsung melakukan undian antara nama Abdullah dan unta. Ternyata nama Abdullah berkali-kali keluar, hingga jumlah unta terus ditambah sampai 100 ekor. Setelah itu undian jatuh pada unta. Kemudian Abdul Muthalib menyembelih 100 ekor unta sebagai pengganti nazarnya.

⭐️Abdullah  adalah anak yang sangat berbakti. Karena itulah kecintaan Abdul Muthalib kepadanya semakin besar. Ketika telah mencapai usia 25 tahun Abdul Muthalib menjodohkannya dengan seorang perempuan terbaik. Aminah binti Wahab nama gadis beruntung itu.

🌹Abdullah yang tampan menikah dengan Aminah yang cantik dan terhormat. Keduanya pasangan yang serasi. Tidak lama kemudian Aminah mengandung.

----

🌹Aminah binti Wahab bin Abdul Manaf bin Zahra bin Kilab berasal dari keluarga terpandang. Aminah termasuk perempuan yang terbaik nasabnya di kalangan orang-orang Quraisy.

🏘Sejak kecil Aminah dididik dengan baik sehingga memiliki akhlak yang baik. Walaupun namanya harum di kalangan Pemuda Quraisy, Aminah terjaga dari pandangan mereka. Aminah lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah. Dia tidak suka bermain di luar rumah. Lalu Abdullah menikahinya. keduanya menjadi pasangan suami istri yang bahagia.

🌈Beberapa waktu kemudian, Aminah mengandung. Kandungannya disambut bahagia Abdullah dan keluarganya. Aminah tidak merasakan kesusahan seperti yang dirasakan oleh perempuan lain yang sedang hamil. Calon bayi yang dikandungnya betul-betul membawa berkah.

----

🔺Pada saat menanti kelahiran,  Aminah mendapat ujian berat. Sang suami Abdullah meninggal dunia pada saat sedang berdagang. Aminah berusaha untuk tegar demi anak yang akan segera dilahirkannya. Aminah segera menghapus kesedihannya.

🔻Ketika kandungannya  sudah cukup umur, Aminah merasakan tanda-tanda akan melahirkan. Aminah melahirkan dengan lancar. Begitu sang janin keluar, Aminah melihat kilatan cahaya.

🔺Aminah memeluk bayi yang baru dilahirkannya. Wajah sang bayi begitu bersih dan tampan. Tidak henti-hentinya Aminah menciuminya. Namun betapa sedih hatinya, karena anaknya lahir sebagai yatim.

🏘Abdul Muthalib sang kakek bergegas menuju kediaman Aminah. Dia sangat bahagia, cucu tercintanya sudah lahir. Abdul Muthalib langsung menimang  cucunya.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... In syaa Allah

✍️ Editor : Ustadzah Ratna

🌹 MATERI 010 🌹

🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺