Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

📚OneDayOneShiroh-lll📗MATERI 1-5📙 💟 *Kehidupan Keluarga Rasulullah SAW* 💟

🌴🌴🌴🕋🌴🌴🌴

📚OneDayOneShiroh-lll

⭐️MATERI 001⭐️

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Alhamdulillah,  Allah masih memberi nikmat sehat, iman, ihsan, dan Islam pada kita semua. Semoga kita semua selalu dipersatukan Allah hingga jannah-Nya nanti.
Yuk kita lanjutkan kisah Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم sebagai sosok ayah dan suami di dalam keluarga beliau

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمد

💟 *Kehidupan Keluarga Rasulullah SAW* 💟

🗿Mari kita berkenalan dengan Nabi Ibrahim Alaihissalam. Beliau lahir di Babilonia, negeri kuno di selatan Irak. Saat itu Babilonia dipimpin Raja Namrud yang sangat dhalim. Seluruh rakyat dipaksa menyembah berhala. Namrudz  juga memerintahkan pasukannya menghilangkan nyawa semua bayi laki laki

🏞Ibu Ibrahim yang sedang mengandung mengungsi ke hutan hingga Ibrahim lahir. Ibrahim tumbuh dengan dikaruniai kecerdasan. Karena anak cerdas, ia yakin berhala bukanlah Tuhan. Bagaimana mungkin sesuatu yang tidak bergerak dan tidak bicara bisa jadi Tuhan. Batinnya bertanya-tanya.

☀️Ibrahim banyak merenung. Siapa sesungguhnya Tuhan itu? Apakah bintang itu Tuhan? Apakah matahari itu Tuhan? Tuhan tidak mungkin muncul dan tenggelam, pikirnya.

🌠Setelah lama merenung Ibrahim menyimpulkan, "Tuhan adalah yang menciptakan alam semesta." Tuhan adalah yang Maha Berkehendak. Tuhan adalah yang menciptakan manusia dan makhluk lainnya. Tuhan adalah Allah yang tidak mungkin ada yang menyerupainya.


--
🔥Setelah dewasa, Ibrahim diangkat Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjadi nabi. Beliau diperintahkan untuk mengajak umat meninggalkan berhala. Nabi Ibrahim Alaihissalam sempat dibakar oleh Raja Namrud. Allah Subhanahu Wa Ta'ala memerintahkan api yang membakar Nabi Ibrahim Alaihissalam untuk menjadi dingin. Nabi Ibrahim Alaihissalam pun selamat.

✨ Nabi Ibrahim Alaihissalam banyak mendapatkan ujian. Salah satunya adalah beliau lama tidak memiliki anak. Beliu selalu berdoa, "Ya Tuhanku anugerahkanlah kepadaku keturunan yang termasuk orang-orang shaleh."

🌹Setelah beberapa lama Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengabulkan doa Nabi Ibrahim alaihissalam. Istri  keduanya yang bernama Hajar melahirkan Ismail dan istri pertamanya yang bernama Sarah melahirkan Ishak. Kelak Ismail dan Ishak menjadi nabi dan utusan Allah subhanahu wa ta'ala.

🗺Ketika Ismail masih bayi, Nabi Ibrahim Alaihissalam membawa Hajar dan Ismail ke sebuah tempat. Atas perintah Allah, keduanya ditinggalkan. Disana berat sekali perasaan Nabi Ibrahim Alaihissalam. Namun demi ketaatan kepada Allah Subhanahu, beliau melaksanakannya. Nabi Ibrahim Alaihissalam dan Hajar yakin akan pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

--

🏞Ketika Ismail masih bayi, Nabi Ibrahim Alaihissalam membawa Hajar dan Ismail ke sebuah tempat atas perintah Allah subhanahu wa ta'ala. Keduanya ditinggalkan di sana. Berat sekali perasaan Nabi Ibrahim Alaihissalam. Namun demi ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala beliau melaksanakannya. Nabi Ibrahim Alaihissalam dan Hajar yakin akan pertolongan Allah subhanahu wa ta'ala.

🌠Ismail tumbuh menjadi anak yang tampan dan sehat. Nabi Ibrahim Alaihissalam begitu merindukan putranya. Setelah menyelesaikan tugas dakwah, Nabi Ibrahim Alaihissalam mengunjungi putranya. Nabi Ibrahim Alaihissalam memeluk Ismail. Keduanya saling melepas rasa rindu. Hari-hari berikutnya mereka lalui bersama.

✉️Suatu saat Nabi Ibrahim Alaihissalam diperintahkan menyembelih Ismail. Nabi Ibrahim Alaihissalam bertanya kepada Ismail, "Anakku sesungguhnya aku bermimpi menyembelih mu. Apa pendapatmu?"

📖"Ayahanda, kerjakanlah apa yang di perintahkan Allah kepadamu. Insyaallah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar," jawab Ismail tenang.

✨ Percakapan itu diabadikan dalam Al Qur'an surat As Shaffat ayat 102. Perintah itu tentu saja hanya untuk menguji ketaatan Nabi Ibrahim Alaihissalam dan Ismail. Kemudian Ismail digantikan oleh seekor domba. Inilah asal usul perintah berkurban.

🌠Ketaatan Nabi Ibrahim Alaihissalam sangat besar. Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan balasan yang luar biasa. Keturunan nabi Ibrahim Alaihissalam banyak yang terpilih menjadi nabi, salah satunya adalah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam💖

---

🗺 Sekarang mari kita berkenalan dengan kaum Quraisy. Kaum Quraisy adalah keturunan dari Nabi Ismail Alaihissalam. Beliau dikaruniai 12 orang anak laki-laki. Dari mereka inilah kemudian terbentuk 12 Kabilah.

🗾 Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa keturunan Nabi Ismail Alaihissalam suka mengembara, namun ada di antara mereka yang lebih senang menetap di Mekkah. Ia bernama Adnan. Adnan adalah kakak yang ke-21 dalam silsilah keturunan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

🏞 Salah seorang anak Adnan bernama Ma'ad. Salah seorang anak Ma'ad bernama Nizar. Keturunan Nizar terpecah menjadi beberapa kabilah. Kabilah-kabilah tersebut memiliki keturunan salah satunya adalah Kinanah. Diantara anak keturunan Kinanah ada yang dijuluki Quraisy. Dia adalah Fihr bin Malik bin Nadhar bin Kinanah.

---

🗺Keturunan-keturunan Quraisy disebut kaum Quraisy. Kaum itu terpecah menjadi beberapa kabilah, yaitu Jamah, Saham, Adi, Makhzum, Taim, Zahrah dan Qushay bin Kilab. Keturunan Qushay adalah Abdud Dar bin Qushay, Asad bin Abdul Uza bin Qushay dan 'Abdu Manaf bin Qushay.

⚜️Anak-anak Abdu Manaf terpecah menjadi empat kabilah, yaitu Abdu  Syam, Naufal, Al Muthalib dan Hasyim. Salah seorang keturunan Hasyim terpilih menjadi nabi mulia yaitu Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

🌟Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Sesungguhnya Allah telah memilih Ismail di antara keturunan Ibrahim, kemudian memilih Kinanah di antara keturunan Ismail, kemudian memilih Quraisy di antara keturunan Kinanah.  Kemudian memilih Hasyim di antara keturunan Quraisy, kemudian memilih aku diantara keturunan Hasyim." (Hadits riwayat Tirmidzi disebutkan juga dalam hadits riwayat Muslim dengan redaksi yang sedikit berbeda)

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... InsyaaAllah

✍️ Editor : Ustadzah Ratna

♦️ MATERI 005 ♦️

🌟⭐️✨🌟✨⭐️🌟