Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

📚OneDayOneShiroh-lll📗MATERI 26-30📙 💟 *Kehidupan Keluarga Rasulullah SAW* 💟

🌴🌴✨🌴✨🌴✨🌴🌴

*📖OneDayOneSiroh-III📖*

✨ Materi 26 ✨

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

💝 *Kehidupan Keluarga Rasulullah صلى الله عليه وسلم* 💝

✨Ali tumbuh menjadi sosok yang gagah berani. Badannya tegap berisi, dengan cara jalan yang terlihat ringan dan gesit. Wajahnya tampan dengan bola mata yang besar. Dalam dadanya bersemayam semangat untuk membela agama Allah.


📖Ali dididik langsung oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Ilmunya sangat luas, tutur katanya tenang dan jelas. Ali dijadikan tempat bertanya dan dianggap sebagai sumber ilmu. Para sahabat tidak pernah sungkan untuk belajar kepada Ali Bin Abi Thalib.

🌤Keluasan ilmu menjadikan Ali sosok yang berakhlak mulia. Dia bukan seorang yang sombong. Ali mengikuti jejak perjuangan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam menegakkan Islam. Ali tahu betul bagaimana pahit getirnya perjuangan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dia tidak pernah absen dalam membela Islam dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.


----

🛡Selain terkenal cerdas Ali pun terkenal sebagai sosok yang pemberani. Dalam setiap peperangan, Ali berada di barisan terdepan dengan baju besi kebanggaannya. Baginya memburu syahid dijalan Allah Subhanahu Wa Ta'ala adalah hal yang utama.

🌷Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam begitu mencintai Ali bin Abi Thalib. Beliau mempercayakan putri kesayangannya Fatimah untuk menjadi pendamping Ali.  Dari pernikahan ini Ali dikaruniai 2 orang putra yaitu Hasan dan Husain. Beliau juga dikaruniai 2 orang putri yaitu Zainab dan Ummu Kultsum.

💜Ali bin Abi Thalib adalah salah seorang yang dijamin masuk surga. Akhlaknya memang luar biasa. Salah satu akhlak Ali yang patut diteladani adalah menghindari perselisihan. Jika dihadapkan pada perselisihan, Ali memilih diam dan mengalah, walaupun berada di pihak yang benar.

✨Ali mengajarkan cara hidup sederhana, padahal dia memiliki jabatan pada masa pemerintahan saat itu.
Ketika menjabat sebagai khalifah, Ali tidak memiliki selimut tebal. Badannya sering menggigil kedinginan pada saat malam hari. Baju yang dikenakannya banyak tambalan.

----

🌷Setelah Khodijah wafat, Allah subhanahu wata'ala menganugrahi  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan istri-istri yang lain. Salah satunya adalah Aisyah, putri Abu Bakar sahabat rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Aisyah berparas rupawan dan berakhlak mulia. Ia lahir dan dibesarkan di dalam keluarga terhormat. Ayahnya adalah seorang saudagar yang kaya raya, namun kekayaan tidak menjadikan keluarga tersebut hidup bermegah -megahan. Sebaliknya mereka hidup sederhana dan gemar bersedekah.

📖Aisyah banyak meriwayatkan hadits, hal itu tidak mengherankan karena Aisyah terkenal sebagai orang yang cerdas. Aisyah juga menikah dengan Rasulullah sejak usia muda. Tidak kurang dari 2000 hadits diriwayatkan olehnya.

📚Aisyah dididik langsung oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Karena belajar langsung kepada sumbernya, Aisyah menguasai ilmu agama yang mendalam. Para sahabat sering bertanya kepadanya, tentang Islam.

🌷Keponakan Aisyah yang bernama Urwah bin Zubair berkata, "Aku lama berteman dengan Aisyah dan aku tidak mendapati seorang pun yang lebih pandai darinya tentang ayat-ayat Al Qur'an, sunnah, ilmu waris, syair, sejarah, peradilan, kedokteran, serta ilmu lainnya."


----

🌼Aisyah memiliki keimanan yang dalam. Rasa cintanya kepada Allah dan rasulnya sangat besar, terlihat dari kesabarannya dalam mendampingi Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam dalam menjalankan risalah-Nya. Kondisi sesulit apapun tidak dipedulikannya.

🍞 Pernah selama 2 bulan tungku di rumahnya tidak menyala. Tidak ada bahan makanan yang bisa dimasak. Makan apa Aisyah? Dia hanya makan 2 butir kurma dan air putih.

💎Sebagai seorang putri saudagar, tidak sulit baginya untuk meminta makanan pada orang tuanya. Namun demi menjaga kehormatan suami, Aisyah rela menahan lapar. Itu terjadi bukan sehari atau dua hari tapi berbulan-bulan. Dia kuat menjalaninya karena keimanannya.

----

✨Ketaatan Aisyah tidak diragukan lagi, dia gemar beribadah. Sholat malam tidak pernah ditinggalkannya. Begitu pula dengan sholat Dhuha, dan sholat-sholat sunah lainnya. Aisyah pun sering mengisi hari-harinya dengan berpuasa.

✨Urwah bin Zubair bercerita, "Aku melihat Aisyah menyedekahkan 70.000 dirham dan memberikan sebagian bajunya."

🌹Ya, Aisyah terkenal murah hati. Didikan kedua orang tuanya membekas sepanjang hayatnya. Pernah suatu kali Ibnu Zubair mengirimkan sebuah kantong berisi 100.000 dirham kepada Aisyah. Uang tersebut habis dibagi bagikan kepada fakir miskin. Sorenya ketika hendak buka puasa Aisyah tidak memiliki makanan.

❤️Ketaatannya kepada Allah dan rasulnya serta kegigihannya berjuang bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berbuah manis. Aisyah merasa beruntung sekali menjadi istri yang paling dicintai Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memiliki panggilan sayang untuk Aisyah, yaitu 'Humaira'. Arti Humaira adalah ke merah-merahan. Wajah Aisyah merah merona jika merasa malu

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... InsyaaAllah

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

📝 Editor : Ustadzah Ratna

❤️ MATERI 30 ❤️

🌹🌿🌹🌿🌹🌿🌹🌿🌹