Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba ุงู„ู„ّู‡ُ yang Kaffah.

๐Ÿ“šOneDayOneShiroh-lll๐Ÿ“—MATERI 21-25๐Ÿ“™ ๐Ÿ’Ÿ *Kehidupan Keluarga Rasulullah SAW* ๐Ÿ’Ÿ

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒŒ๐ŸŒด๐ŸŒŒ๐ŸŒด๐ŸŒŒ๐ŸŒด๐ŸŒด

๐Ÿ“– *OneDayOneSiroh-III*๐Ÿ“–

๐Ÿ’™ Materi 21 ๐Ÿ’™

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّٰู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ

ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

 ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ู…ُุญَู…َّุฏٍ

๐Ÿ’ *Kehidupan Keluarga Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…* ๐Ÿ’

๐Ÿ˜Abu Thalib menggumpulkan keluarga lainnya dari bani Hasyim dan bani Abdul Muthalub serta anak-anak Abdul Manaf. Abu Thalib mengajak mereka untuk melindungi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Mereka memenuhi ajakan Abu Thalib. Hanya Abu Lahab yang mengabaikannya.


๐Ÿ—“Menginjak tahun ke-10 dari kenabian, Abu Tholib jatuh sakit. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam menjenguknya. Alangkah kagetnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika melihat Abu Thalib sakit keras dan seperti akan meninggal.

๐ŸŒŒRasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam segera mendekat dan berkata, "Katakanlah "lailahailallah" suatu kalimat yang dapat saya jadikan bukti untuk membela paman di sisi Allah.

♦️Abu Jahal dan Abdullah bin Abi Umayyah berkata, "Abu Thalib Apakah kamu membenci agama Abdul Muthalib?"

๐Ÿ”นKeduanya terus bicara begitu, Abu Thalib mengatakan bahwa dia berada di atas agama " Abdul Muthalib."  Tidak lama kemudian Abu Thalib wafat. Dia meninggal pada bulan Rajab.

๐Ÿ’œRasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam merasa sangat kehilangan. Beliau bersedih hati. Jasa pamannya itu begitu besar.

 Selain Abu Thalib, siapa lagi orang yang berjasa dalam hidup Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam?

----
✨Demi Allah, Allah tidak akan menyusahkanmu karena engkau telah menyambung silaturahmi, berkata jujur, menanggung beban orang yang tidak mampu, membantu orang fakir,  menghormati tamu, dan menolong dalam  kebenaran," ujar Khodijah menenangkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

๐ŸžKhodijah yang telah 15 tahun mendampingi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berusaha tenang. Dia mencoba menghibur suaminya saat itu. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam baru saja didatangi Malaikat Jibril di Gua Hira. Malaikat Jibril menyampaikan wahyu yang pertama. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam merasa ketakutan dan meminta pendapat istrinya.

๐ŸŒ Khadijah menyarankan suaminya agar menemui Waraqah bin Naufal. Waraqah adalah putra Paman Khadijah. Waraqah adalah orang Nasrani pada zaman Jahiliyah. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menceritakan sebuah peristiwa yang menimpanya di Gua Hira.
----
"Itu adalah malaikat yang diutus Allah kepada Musa. Andaikan usiaku masih muda dan aku masih hidup ketika engkau diusir dari kaummu pasti aku akan menolongmu," ujar Waraqah.

"Apakah mereka akan mengusirku?" tanya Rasulullah shalallahu Alaihi Wassalam. sambil memandang lekat Waraqah.

"Ya tidak ada seorangpun yang diberi tugas sepertimu, kecuali dia akan disakiti," jawab Waroqah.

๐ŸŒป Begitulah Khadijah. Dia selalu bersikap tenang dan sigap ketika suaminya sedang menghadapi masalah. Dia selalu berusaha  mencari jalan keluar yang tepat ketika dimintai nasihat. Sikap Khodijah ini sangat menbantu Rasulullah shallallahu alaihi salam dalam memikul amanah.

๐Ÿ’ฐHubungan Khadijah dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bukan hanya itu. Ketika dakwah islam mulai mendapat sambutan, datang para penentang. Orang-orang yang memilih Islam mengalami penganiayaan, banyak yang menjadi fakir miskin. Khodijah menyerahkan semua hartanya untuk membantu.

----
๐Ÿ˜Khadijah menyediakan rumahnya bagi kaum perempuan yang mau belajar. Dia mendidik kaum perempuan agar memahami ajaran Islam dengan benar. Sungguh jerih payah   khadijah sangat  meringankan beban  Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Jerih payah Khodijah diridai oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

๐ŸฑPada suatu hari, Jibril datang kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dia berkata, "Wahai Rasulullah, ini Khodijah datang kepadamu dengan membawa wadah yang berisi makanan dan minuman. Jika dia telah datang kepadamu, sampaikan salam untuk dia dari Rabbnya dan dariku ujar Jibril. (Hadits Riwayatnya Bukhari dan Muslim)

๐Ÿ’ŽLuar biasa sekali Khodijah, Allah saja sampai mengirimkan salam untuknya. Jibril juga pernah datang kepada Rasulullah Shallallahu yalaihi salam dan berkata kepadanya, "Berikanlah kabar gembira kepada Khadijah. Dia akan memperoleh rumah di surga yang terbuat dari mutiara yang cekung. Di dalamnya tidak ada kebisingan dan kelelahan. (Hadits riwayat Ahmad Bukhari dan Muslim)

๐Ÿ’œSungguh memang luar biasa, karena itulah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sering memuji, walaupun dia telah meninggal. Siapa lagi  yang akan membantu perjuangan dakwah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam?
----

๐ŸŒŒMalam kian larut. Orang-orang kafir Quraisy belum tidur. Mereka ingin mencelakakan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Sebelumnya mereka melakukan pertemuan di Darun Nadwah. Malam itu mereka memutuskan akan menghilangkan nyawa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

๐ŸŒ Allah Subhanahu Wa Ta'ala berkuasa atas kehidupan manusia. Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengutus Jibril untuk memberitahu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam akan niat jahat tersebut. Malam itu rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memanggil Ali bin Abi Thalib.

"Tidurlah di tempat tidurku. Gunakan selimutku!" ujar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

๐ŸŒŒAli tidak menolaknya. Padahal dia tahu bahaya sedang mengintainya. Ali mau menggantikan posisi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam demi menjaga keselamatan beliau.Itulah salah satu bukti keberanian Ali dalam membela Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan Islam.

✨Ali adalah anak Abu Thalib. Berarti adik sepupu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dia termasuk generasi awal yang memeluk Islam. Usianya baru sekitar 8 tahun ketika masuk Islam. Sejak kecil diasuh oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Ketika terjadi masa paceklik Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam mengambil dan merawat Ali.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... InsyaaAllah

 ูˆَ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

๐Ÿ“ Editor : Ustadzah Ratna

๐ŸŒŒ MATERI 25 ๐ŸŒŒ

✨✨✨✨✨✨✨✨✨