Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

📚OneDayOneShiroh-lll📗MATERI 31-35📙 💟 *Kehidupan Keluarga Rasulullah SAW* 💟

🌴🌴🕋🌴🕋🌴🕋🌴🌴

📖 *OneDayOneSiroh-III*📖

🕋 Materi 31 🕋

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

💝 *Kehidupan Keluarga Rasulullah صلى الله عليه وسلم* 💝

📖Aisyah berkisah, "Apabila Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam hendak melakukan perjalanan, beliau selalu mengundi diantara istri-istrinya. Anak panah siapa yang keluar, dia lah yang akan menemani beliau."


🌷Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengundi untuk menghindari sikap tidak adil. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bisa saja memilih salah satu istrinya untuk menemani, namun beliau tidak melakukannya. Semua merasa diperhatikan.

🏘Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berusaha adil, bahkan untuk sesuatu yang sepele. Beliau adil dalam pemberian tempat tinggal, nafkah, pembagian per malam, dan jadwal berkunjung. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selalu mengunjungi rumah mereka satu persatu tidak ada yang terlewat satu pun.

🥀Suatu ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam jatuh sakit. Beliau tetap menjalankan kewajibannya. Padahal kondisi beliau saat itu sangat repot. Akhirnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam meminta izin kepada mereka untuk menetap di rumah Aisyah. Istri istrinya mengizinkan. Tidak lama kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam meninggal dunia.

----

🌷Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memiliki kecenderungan lebih mencintai Aisyah. Namun hal itu tidak menyebabkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengistimewakan Aisyah. Bahkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sering istighfar dan memohon ampun kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala karena takut tidak berbuat adil.

💝"Ya Allah inilah kemampuanku dengan membagi secara adil, janganlah Engkau mencelaku dalam hal yang Engkau miliki. Sedangkan aku tak memilikinya." (hadits riwayat Ahmad)

🍲Pada suatu hari Shaffiyah istri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memasak di rumah Aisyah. Shaffiya terkenal paling enak masakannya. Rupanya Aisyah cemburu. Ia melempar piring berisi masakan Saffiyah. Tidak lama kemudian, Aisyah istighfar dan meminta maaf kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Aisyah pun dihukum oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Aisyah diminta mengganti piring yang pecah dan masakan yang tumpah.


----

📔Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga selalu menghargai pendapat para istrinya. Pada bulan Dzulqaidah tahun 6 Hijriyah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam beserta para sahabat berencana untuk umroh, namun orang-orang kafir Quraisy menghalangi. Karena batal melaksanakan umrah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam hendak bertahalul dari ihramnya. Kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menyuruh para sahabatnya, "Bangkitlah kalian, sembelihlah hewan kalian dan cukurlah rambut kalian!"

📓Para sahabat tidak mendengarkan perintah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Beliau mengulang perintahnya hingga 3 kali, namun tidak seorangpun sahabat yang menjalankan perintah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

📗Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam akhirnya meninggalkan mereka dan masuk ke dalam tendanya. Melihat suami tercintanya muram, Ummu Salamah pun menanyakan penyebabnya. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menjelaskan persoalan yang dihadapinya.

📒Setelah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selesai bercerita, Ummu Salamah berkata, "Wahai nabiyullah, apakah engkau ingin mereka melakukan yang engkau perintahkan? Keluarlah dan jangan engkau mengajak bicara seorangpun dari mereka hingga engkau menyembelih hewanmu dan mencukur rambutmu."

✂️Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam langsung mengikuti apa yang disarankan istrinya. Benar saja para sahabat satu persatu mengikuti jejak Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

📘Begitulah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak sungkan mengikuti saran dari istrinya.


----

🌷Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memiliki akhlak yang mulia. Tutur katanya halus dan menemtramkan. Sikapnya membuat nyaman orang-orang yang ada di dekatnya. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memiliki sikap pemalu, ramah dan sangat berhati-hati dalam bersikap. Lisannya terpelihara dari pembicaraan yang tidak baik. Sungguh tidak ada seorangpun yang pernah tersakiti.

🌼Akhlak mulia Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dirasakan pula oleh istri-istrinya. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam lemah lembut terhadap istri-istrinya. Beliau selalu menunjukkan rasa kasih sayang kepada istri-istrinya.

🌻Istri-istri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam  berbeda usia. Tentunya mereka memiliki sifat dan kebiasaan yang berbeda. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selalu berusaha memahami mereka. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak pernah menuntut hal-hal yang diluar kesanggupan istrinya.

🌺Aisyah mengisahkan, "Suatu ketika saya mendengar suara-suara gaduh orang Habasyah. Mereka sedang bermain dengan membawa alat tabuh."

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bertanya, "Apakah engkau suka melihat mereka bermain main?"

"Ya," jawabku.

----

🚪Kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengutus seseorang untuk mengundang mereka. Setelah mereka datang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kemudian berdiri diantara dua pintu dengan meletakkan telapak tangan beliau di pintu dan mengeluarkan tangan beliau yang satunya. Sementara aku memegang rambut janggut Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

🥁Kemudian mereka bermain dengan disaksikan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan aku. Setelah aku puas,  Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam membubarkan mereka.

♦️Masya Allah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam begitu memahami kondisi Aisyah. Aisyah masih belia dan suka bermain. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pun berusaha menyenangkan hati istrinya, walaupun kemungkinan besar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak menyukai permainan itu.

🥇Pada kesempatan yang lain Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam mengajak Aisyah lomba lari. Pada kesempatan pertama Aisyah berlari lebih kencang dan menang, pada kesempatan kedua Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berlari lebih cepat keduanya tertawa gembira.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... InsyaaAllah

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

📝 Editor : Ustadzah Ratna

🔹MATERI 35 🔹

🥇🥈🥇🥈🥇🥈🥇🥈