Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

ODOS - Episiode 738 - 741 : 💟Dimana akan Dimakamkan💟

 🌴🌴🕋🌴🕋🌴🌴

📚ONE DAY ONE SIROH📚

💐MATERI 738🌿

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمد

💟Dimana akan Dimakamkan💟

Kaum muslimin terkenang akan wajah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang tampan dan berseri seperti bulan purnama. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selalu menampakan wajah ceria dan menyenangkan pada setiap orang yang dijumpai meskipun beliau sedang menghadapi kesedihan dan masalah yang rumit. Senyumnya senantiasa tampak dalam setiap majelis dan pertemuan yang dihadiri. Setiap sahabat senang apabila diajak bicara oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan mereka selalu terkesan oleh senyum beliau. Ya, mereka akan kehilangan semua itu.

Abu Bakar menyadari semua kesedihan ini, maka ia meneruskan kata-katanya di depan orang banyak untuk menenangkan mereka walaupun air matanya sendiri bercucuran tidak tertahankan. Abu Bakar terus menghibur dan memberi harapan kepada orang banyak walau bicaranya sendiri putus-putus dan perasaannya sama tertekan.

Selesai berpidato, ia mendekati Umar bin Khattab dan berkata dengan suara terputus-putus karena dada sesak dan kerongkongan yang tersumbat, "Lupakah engkau bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah berkata kepada kita pada hari sekian  waktu demikian, dan pada saat demikian?"

Abu Bakar juga mengingatkan Umar akan apa yang pernah dikatakannya sendiri tentang akan meninggalnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam. Umar mengangguk dan berkata,"Saya mengaku dengan tulus bahwa benarlah Kitab Al Qur'an sebagaimana yang telah diturunkan dan benarlah Al Hadist sebagaimana yang telah diucapkan dan bahwa Allah Subhanahu Wata'ala hidup, tidak akan mati selama-lamanya. Kita ini kepunyaan Allah dan kepada-Nya kita semua akan kembali."



-------------------------

Sebagian kaum Muhajirin berpendapat agar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dimakamkan di Mekah. Namun yang lain menolaknya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam akan dimakamkan di Madinah, kota yang telah memberi perlindungan dan pertolongan. Kota yang pertama bernaung di bawah panji-panji Islam. Namun di bagian mana dari kota Madinah Rasulullah akan dimakamkan?

"Di masjid saja," ujar beberapa orang. "Bukankah di masjid beliau memberikan khotbah dan bimbingan serta memimpin kita shalat?" namun pendapat itu kemudian terbantah karena ada hadits yang diriwayatkan oleh Bunda Aisyah bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Laknat Allah menimpa kepada suatu golongan yang menggunakan kuburan nabi-nabi sebagai masjid."

Di manakah akhirnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Salam akan dimakamkan?

-------------------------

🔆 Itulah Rasulullah🔆

Menjelang Abu Bakar wafat, Bunda Aisyah binti Abu Bakar berkata kepada ayahnya, "Putih...., dengan wajahnya ia membuat hujan turun. Ia adalah musim semi bagi anak-anak yatim dan pelindung para janda."
Abu Bakar menjawab "Itulah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam..."

----------------------------


💟Rasulullah  Dimakamkan💟

Akhirnya, Abu Bakar tampil memberikan keputusan di hadapan banyak sahabat, "Saya pernah mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Setiap ada nabi meninggal, ia dimakamkan di tempat ia meninggal."

Maka diambillah keputusan bahwa lubang kubur Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam akan digali di bawah tempat tidur tempat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam wafat.

Setelah jenazah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dimandikan, ruangan menjadi penuh ketika  Abu Bakar dan Umar beserta yang lain melakukan shalat jenazah tanpa ada yang menjadi imam. Setelah semua orang duduk kembali dan keadaan menjadi sunyi, Abu Bakar berkata, "Salam kepadamu ya Rasulullah, beserta rahmat dan berkah Allah. Kami bersaksi bahwa Nabi dan Rasulullah telah menyampaikan risalah Allah, telah berjuang di jalan Allah, sampai Allah memberikan pertolongan untuk kemenangan agama-Nya. Ia telah menunaikan janjinya dan menyuruh orang menyembah hanya kepada Allah yang tidak bersekutu."

Selesai bagian laki-laki melakukan shalat, masuk pula kaum wanita. Setelah mereka, masuk pula anak-anak. Semuanya membawa hati yang pedih tersayat-sayat. Kemudian jenazah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam diturunkan ke liang kubur. Setiap pria, setiap wanita, dan setiap anak-anak mengenangkan tubuh yang dimakamkan itu sebagai seorang ayah, kawan setia, sahabat,nabi, dan Rasulullah. Inilah tubuh suci yang telah mengajak dan membimbing mereka ke jalan yang benar dan membuat mereka semua menjadi teladan tertinggi bagi umat-umat lain sepanjang zaman dalam  segala kebaikan dan kasih sayang.

--------------------

Sambil berdiri di sisi kubur Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, istri beliau tercinta Bunda Aisyah, melantunkan sebuah syair dengan suara yang amat mengharukan,

"Wahai orang yang tidak pernah memakai Sutra, yang tidak pernah tidur di atas kasur yang empuk. Wahai orang yang keluar dari dunia dan perutnya tidak pernah kenyang dengan roti gandum. Wahai orang yang memilih tikar untuk tempat tidur. Wahai orang yang tidak tidur sepanjang malam karena takut sentuhan neraka Sa'ir...."

-------------------------

🔆Kenangan Bersama Rasulullah🔆

Pernah ada satu kenangan sedih di benak Bunda Aisyah, yaitu saat beliau melihat Rasulullah menahan lapar dengan mengikatkan batu pada perut. Melihat Bunda Aisyah menangis, Rasulullah bersabda, "Wahai Aisyah, demi Dzat yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, seandainya aku minta kepada Tuhanku, agar gunung di dunia menjadi emas, niscaya terwujud seketika. Namun aku memilih lapar di dunia daripada kenyang di dalamnya. Aku lebih memilih kemiskinan di dunia daripada kekayaan. Aku lebih memilih kesedihan di dunia daripada kebahagiaan. Wahai Aisyah, sesungguhnya dunia tidak penting bagi Muhammad dan keluarganya."

 
Kita lanjutkan besok ya kisahnya.....ln syaa Allah.

📝Editor : Ustadzah Ratna

🌸MATERI 741🌿

💖◽️🌿🌸🌿◽️💖