Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

ODOS - Episiode 669 - : 💟Rasulullah Bercerita💟 Sayangi Sesama Mahluk

🌴🌴🕋🌴🌴🕋🌴

📚ONE DAY ONE SIROH

💧MATERI 669💧


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمد

💟Rasulullah Bercerita💟

Kisah yang diceritakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berikut ini mengajarkan kita bahwa Allah sangat mengasihi orang yang sayang kepada sesama ciptaanNya. Bukan hanya kepada manusia tetapi juga hewan dan tumbuhan.

Pada masa yang telah lalu pernah berjalan seorang laki-laki di tengah siang yang terik. Matahari memanggang sampai matang apa saja yang tengah melata  di bumi.

"Haus, haus,  aku menderita haus yang amat sangat," rintih laki-laki itu sambil berjalan terhuyung-huyung. "Air, air, aku mau memberikan apa saja milikku untuk segelas air."

Tiba-tiba ia menemukan sebuah sumur. Airnya yang jernih  begitu dalam untuk dituruni dan tak ada tali timba yang bisa digunakan untuk menciduk air. Namun laki-laki itu tak peduli, sedikit terburu-buru ia turun  ke dasar sumur dan meneguk airnya yang begitu sejuk. Setelah puas ia  kembali naik ke permukaan memanjat dinding sumur dengan susah payah sampai lengan dan kakinya tergores di sana -sini.

Akan tetapi, begitu tiba di atas dengan nafas yang masih terengah-engah, ia melihat seekor anjing menjulurkan lidahnya. Begitu hausnya sang anjing sampai ia menjilat-njilat tanah.

"Anjing ini sungguh merasakan apa yang barusan kurasakan," gumam laki-laki tadi.

Rasa kasihnya timbul dan ia kembali menuruni dinding sumur. Kali ini ia sedikit bersusah payah karena tenaganya mulai berkurang. Sampai di dasar, ia tampung air dengan terompahnya. Setelah itu ia kembali memanjat bersusah-payah.  Terompah berisi air itu ia gigit agar tidak kembali tumpah. Setelah menempuh perjuangan yang seolah tiada akhir, laki-laki itu tiba di atas dan memberikan air hasil jerih payahnya pada anjing yang kehausan.

Laki-laki itu duduk bersandar sambil memperhatikan betapa senangnya sang anjing saat meminum airnya. Peluh mengalir deras seperti anak sungai di seluruh tubuhnya, tetapi hatinya diliputi rasa sejuk karena rasa kasih sayang. Ia pun berbisik, "Aku bersyukur kepada-Mu ya Allah karena telah diberi kekuatan untuk menyelamatkan anjing ini."

Maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengampuni semua dosanya.

🔆Diriwayatkan ada seorang bernama Muwaffaq yang ingin sekali pergi haji, tetapi tidak mampu. Hingga suatu hari mendapat uang 300 dirham dari membuat dan menambal sepatu. Ia pun berniat pergi haji tahun itu, namun ketika tahu tetangganya  memasak bangkai keledai karena anak-anak yang kelaparan, Muwaffaq menyerahkan uang 300 dirham itu kepada tetangganya. Allah Subhanahu Wa Ta'ala menerima niat Muwaffaq sebagai ibadah haji dan Allah Subhanahu Wa Ta'ala menerima semua amal haji tahun itu berkat sedekah Muwaffaq.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya.....
ln syaa Allah

📝Editor : Ustadzah Ratna

💧MATERI 669💧

💧👞🐶💧👞🐶💧