Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

ODOS - Episiode 245 -248 : 🔵Al Quran Berbicara Seputar Topik Peperangan🔵


🌴🐪🌴🐪🌴🐪🌴

💙ONE DAY ONE SIROH💙

🦋MATERI 245🦋


🔵Al Quran Berbicara Seputar Topik Peperangan🔵



Berbicara seputar topik peperangan tersebut turunlah surat Al Anfal. Surat ini merupakan "komentar Ilahi" Jika benar ungkapan ini terhadap peperangan tersebut. Komentar tersebut sangat berbeda dengan komentar-komentar yang dikemukakan oleh para raja dan panglima perang setelah meraih kemenangan.

Pertama,  Allah mengalihkan pandangan kaum muslimin untuk melihat segala kekurangan akhlak yang masih ada pada diri mereka dan sebagainya, agar mereka berupaya untuk menyempurnakan jiwa mereka dan membersihkannya dari kekurangan kekurangan tersebut.

Kemudian,  Allah memuji segala hal yang ada dalam kemenangan tersebut berupa Pertolongan Allah secara ghaib kepada kaum muslimin. Hal itu dia Kemukakan kepada mereka agar mereka tidak terpedaya dengan keberanian mereka, sehingga jiwa mereka menjadi sombong. Bahkan agar mereka bertawakkal kepada Allah, menaatinya dan menaati Rasulnya Shallallahu Alaihi Wasallam.

Kemudian, dia menjelaskan tujuan mulia yang melandasi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam terjun dalam peperangan berdarah tersebut, dan menunjukkan kepada mereka sifat sifat dan akhlak yang dapat menyebabkan kemenangan dalam peperangan.

Kemudian, berbicara kepada kaum musyrikin, orang-orang munafik, orang-orang Yahudi, dan para tawanan perang. Dia menasehati mereka secara baik, dan membimbing mereka untuk tunduk kepada kebenaran. Selanjutnya, berbicara kepada kaum muslimin seputar masalah perampasan barang dan menetapkan prinsip-prinsip masalah tersebut kepada mereka.

Setelah itu dia menjelaskan dan menetapkan undang-undang peperangan dan perdamaian yang sangat mereka butuhkan setelah dakwah Islam memasuki fase tersebut, sehingga peperangan kaum muslimin berbeda dengan peperangan orang-orang jahiliyah. Kaum muslimin memiliki kelebihan dalam hal akhlak dan nilai dan menegaskan kepada dunia bahwa Islam bukan sekedar teori namun juga mendidik penganutnya secara praktis di atas asas dan prinsip yang diserukan nya.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya.....In syaa Allah😊


📘Kisah diambil dari berbagai sumner siroh nabawiyah "Syaikh Shafiyyur Rahman al Mubarakfurry"📘

✍ Editor : Ustadazah Ratna

🦋MATERI 245🦋

🐬💦🐬💦🐬💦🐬💦🐬

CHANNEL MUTE, [04.04.17 06:08]
🌴🐪🌴🐪🌴🐪🌴

🌾ONE DAY ONE SIROH🌾

🌻MATERI 246🌻


🔶Al Quran Berbicara Seputar Topik Peperangan🔶

Kemudian menetapkan beberapa ketentuan dari undang-undang negara Islam yang menjelaskan tentang perbedaan antara kaum muslimin yang tinggal di dalam batas negara Islam dan kaum muslimin yang tinggal di luar batas negara Islam.

Pada tahun kedua Hijriah diwajibkan Shaum Ramadhan, diwajibkan zakat fitrah dan dijelaskan nisab nisab zakat yang lain. Diwajibkannya zakat fitrah, serta meringankan beban yang dipikul oleh sejumlah besar kaum Muhajirin, karena mereka adalah kaum fuqoro yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Diantara peristiwa yang terindah adalah hari raya pertama bagi kaum muslimin jatuh pada bulan Syawal tahun kedua Hijriyah setelah meraih kemenangan dalam Perang Badar. Alangkah indahnya hari raya yang bahagia itu, yang Allah berikan kepada mereka setelah mereka meraih kemenangan dan kemuliaan. Alangkah indahnya pemandangan sholat Ied yang mereka lakukan setelah mereka keluar dari rumah-rumah mereka sambil mengumandangkan takbir, tauhid, dan Tahmid. Hati mereka penuh dengan harapan kepada Allah rindu kepada rahmat dan keridhaan-nya. Setelah Allah berikan berbagai nikmat kepada mereka dan dia dukung dengan pertolonganNya. Hal itu dia ingatkan kepada mereka dengan FirmanNya: Quran surat Al Anfal 26

"Dan ingatlah para Muhajirin ketika kamu masih berjumlah sedikit lagi tertindas di muka bumi (Mekah) kamu takut orang-orang Mekkah akan menculik kamu maka Allah memberikan kamu tempat menetap (Madinah), mendukung kamu dengan pertolonganNya dan memberi Rizki kamu dari yang baik baik agar kamu bersyukur.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya.....In syaa Allah😊

📙Kisah diambil dari berbagai sumner siroh nabawiyah "Syaikh Shafiyyur Rahman al Mubarakfurry"📙

✍ Editor : Ustadzah Ratna

🌻MATERI 246🌻

🌼🌱🌼🌱🌼🌱🌼🌱🌼

CHANNEL MUTE, [05.04.17 06:28]
🌴🐪🌴🐪🌴🐪🌴

🥙ONE DAY ONE SIROH🥙

🐞MATERI 247🐞


🥝Berbagai Operasi Militer Antara Badr dan Uhud🥝

Perang Badr merupakan awal pertarungan bersenjata antara kaum muslimin dan kaum musyrikin, dan merupakan peperangan yang menentukan kaum muslimin memperoleh kemenangan besar yang diakui oleh seluruh orang Arab. Orang yang menyesali akibat perang tersebut adalah mereka yang secara langsung memperoleh kerugian berat, yaitu kaum musyrikin atau orang-orang yang memandang kemuliaan dan kemenangan kaum muslimin merupakan pukulan telak terhadap eksistensi keagamaan dan perekonomian mereka yaitu kaum Yahudi.

Sejak kaum muslimin meraih kemenangan dalam Perang Badr dua kelompok tersebut menyimpan amarah terhadap kaum muslimin.

Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman adalah orang-orang Yahudi dan oleh orang musyrik. (Quran surat Al Maidah ayat 82)

Di Madinah terdapat para pendukung dua kelompok tersebut, dan mereka berpura-pura masuk Islam tatkala tidak ada tempat lagi untuk meraih kewibawaan mereka. Mereka adalah Abdullah bin Ubay dan teman-temannya,  kelompok ketiga ini lebih besar lagi kemarahannya daripada dua kelompok di atas.

Disamping itu terdapat kelompok keempat, mereka adalah orang-orang Baduy yang tinggal di sekitar Madinah. Masalah kekufuran dan keimaman mereka tidaklah menjadi perhatian bagi mereka, tetapi mereka adalah para perampok dan perampas. Mereka mulai goncang karena kemenangan yang diraih kaum muslimin. Mereka khawatir akan tegak di Madinah suatu negara yang kuat, yang akan menghalangi mereka untuk meraih kesuksesan atau kekuatan melalui perampokan dan perampasan. Sehingga mereka pun membenci kaum muslimin dan menjadi musuh mereka.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya.....In syaa Allah😊


📚Kisah diambil dari berbagai sumner siroh nabawiyah "Syaikh Shafiyyur Rahman al Mubarakfurry"📚

✍ Editor : Ustadzah Ratna

🐞MATERI 247🐞

🦆🍄🦆🍄🦆🍄🦆🍄🦆

CHANNEL MUTE, [06.04.17 05:15]
🌴🐪🌴🐪🌴🐪🌴

🎥ONE DAY ONE SIROH🎥

📸MATERI 248📸


🏹Perang Bani Sulaim🏹

Berita pertama yang disampaikan oleh utusan dari Madinah kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam setelah Perang Badr adalah Bani Sulaim. Bani Sulaim ini berasal dari kabilah Ghathafan. Mereka menggalang kekuatannya untuk menyerang Madinah.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dengan pasukan kavaleri yang berkekuatan 200 personel mendatangi kabilah tersebut di perkampungannya. Sesampainya beliau di wilayah mereka di daerah al-Kudr Bani sulaim melarikan diri dan meninggalkan 500 ekor unta. Mereka meninggalkan untanya di suatu lembah yang dikuasai oleh pasukan Madinah.

Unta-unta tersebut diambil seperlimanya oleh Rasulullah solallohu alaihi wasallam. Rasulullah membagikan unta-unta tersebut kepada para sahabatnya. Setiap orang mempunyai dua ekor onta.

Beliau juga mendapatkan seorang budak yang bernama Yasar yang kemudian dibebaskan.

Di perkampungan Bani Sulaim tersebut Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam tinggal selama tiga hari. Kemudian beliau kembali ke Madinah.

Peperangan tersebut terjadi pada bulan Syawal tahun kedua Hijriyah 7 hari setelah pulang dari Perang Badr. Dalam peperangan tersebut Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam menyerahkan urusan Madinah kepada Siba' bin Arfatah.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya.....In syaa Allah😊

📓Kisah diambil dari berbagai sumner siroh nabawiyah "Syaikh Shafiyyur Rahman al Mubarakfurry"📓

✍ Editor : Ustadzah Ratna

📸MATERI 248📸

📽🎞📽🎞📽🎞📽🎞📽