Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

ODOS - Episiode 190 - 192 Keseharian Rasullullah

🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🌸ONE DAY ONE SIROH🌸

🌻MATERI 190 JILID 6🌻


⚜Keseharian Rasulullah⚜

Rasulullah mengajarkan kepada kita bahwa tidak boleh ada rasa takut dalam hati seorang Muslim kecuali jika ia melakukan perbuatan maksiat dan dosa. Jiwa itu tidak akan menjadi kuat jika berada dalam kekuasaan orang lain. Karena itulah, Rasulullah mengajak para sahabatnya berhijrah ke Madinah.


Jiwa akan jadi lemah jika sudah dikuasai oleh hawa nafsu. Nafsu akan harta, kendaraan, pakaian, makanan, dan banyak lagi. Jika seseorang sudah mencintai harta dunia seperti itu, kekuatan rohaninya melemah dan tidak lagi mampu berjuang, beribadah, serta berbakti layaknya seorang Muslim sejati.

Sahabat fillahku, Rasulullah adalah contoh yang sangat ideal dalam mengendalikan hawa nafsu. Jiwa Rasulullah sudah begitu kuat sehingga tidak begitu peduli jika segala yang dimilikinya akan habis akibat beliau sangat suka memberi kepada orang lain. Sampai-sampai, ada orang yang berkata, "Dalam memberi, Rasulullah seperti sudah tidak takut kekurangan."

Rasulullah mengajarkan agar kitalah yang menguasai kehidupan dunia, bukan kehidupan dunia yang menguasai kita. Beliau tidak menganjurkan kita agar hidup miskin, tetapi hidup sederhana dan tidak berlebihan.

Alas tidur Rasulullah bukanlah kasur yang empuk, melainkan hanya terdiri atas kulit yang dilapisi serat. Tidak pernah beliau makan sampai kenyang. Beliau selalu menyudahi makannya sebelum kenyang. Tidak pernah Rasulullah makan roti dari tepung gandum dua hari berturut-turut. Sebagian besar makanan beliau adalah bubur.

Pada hari lain, Rasul makan kurma. Jarang sekali beliau dan keluarganya dapat makan roti sop (roti yang dibasahi kuah kaldu dan daging). Bahkan sering sekali beliau harus menahan lapar. Beliau pernah mengganjal perutnya dengan batu yang dikaitkan dengan ikat pinggangnya agar rasa laparnya tertahan.

Namun, bukan berarti Rasulullah berpantang makan makanan enak. Beliau dikenal suka sekali makan kaki kambing muda, labu, madu, dan manisan walupun amat jarang beliau dapatkan. Begitulah cara Rasulullah mengendalikan diri terhadap makanan.

Bagaimana dengan pakaian?
Kita lanjut besok kisahnya...insya Allah 😊


📝Catatan Tambahan📝

📌Pengakuan Encyclopaedia Britannica📌

Kebenaran Nabi Muhammad diakui oleh orang-orang masa kini  yang berpikiran jernih, walaupun mereka bukanlah Muslim. Encyclopaedia Britannica mengakui, "Sesungguhnya preatasi (Muhammad) tersebut adalah sesuatu keberhasilan yang sepertinya tidak pernah diperoleh oleh seorang pembangun agama mana pun dan kapan pun."

📕Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku Jilid 6📕

🌻MATERI 190 JILID 6🌻

💊💉💊💉💊💉💊💉💊

-----------------------------------------------------------------

🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🎯ONE DAY ONE SIROH🎯

🏹MATERI 191 JILID 6🏹

🎪Kesederhanaan Rasulullah🎪

Kesederhanaan Rasulullah dalam berpakaian sama dengan kesederhanaan beliau dalam hal makanan. Suatu hari, ada seorang wanita memberikan sehelai pakaian kepada beliau. Kebetulan saat itu beliau memang memerlukan pakaian. Namun, kemudian datang seorang laki-laki yang meminta pakaian itu. Tanpa berpikir panjang lagi, Rasulullah pun memberikan pakaian itu.

Pakaian beliau biasanya terdiri atas sebuah baju dalam dan baju luar yang terbuat dari wol, katun, atau sebangsa serat. Sesekali, beliau tidak menolak pakaian agak mewah yang dibuat dari tenunan Yaman jika ada acara yang menghendaki demikian. Alas kaki yang digunakan Rasulullah juga amat sederhana. Tidak pernah beliau menggunakan sepatu kecuali hadiah dari Najasy.

Sungguhpun begitu, bukan berarti beliau menyiksa diri dengan semua kesederhanaan itu. Beliau hanya mengendalikan dan menjaga diri agar tidak berlebih-lebihan. Allah berfirman,

"Makanlah dari makanan yang baik yang sudah Kami berikan kepadamu." (QS:Al Baqarah, 2:57)

"Dan tempuhlah kebahagiaan akhirat seperti yang dianugerahkan Allah kepadamu, tapi juga jangan kau lupakan kebahagian hidup duniawi. Dan berbuat baiklah kepada orang lain seperti Allah telah berbuat baik kepadamu." (QS: Al Qashash, 28:77)

Suatu ketika, Ali bin Abi Thalib bertanya tentang sunnah Rasulullah. Rasulullah pun menjawab, "Makrifat (mendekatkan diri kepada Allah) adalah modalku, akal pikiran adalah sumber agamaku, cinta adalah dasar hidupku, rindu adalah kendaraanku, berzikir kepada Allah adalah kawan dekatku, keteguhan adalah perbendaharaanku, duka adalah kawanku, ilmu adalah senjataku, ketabahan adalah pakaianku, kerelaan adalah sasaranku, fakir adalah kebanggaanku, menahan diri adalah pekerjaanku, keyakinan adalah makananku, kejujuran adalah perantaraku, ketaatan adalah ukuranku, berjihad adalah perangaiku, dan hiburanku adalah dalam shalat."

📝Catatan Tambahan📝

🔆Rantai Emas🔆

Suatu ketika Rasulullah melihat Fathimah Az-Zahra, putrinya, sedang memakai rantai emas.
Rasulullah bersabda, "Fathimah, gembirakah jika orang berkata, Ditangan putri Rasulullah ada seikat rantai dari api neraka?"  Fathimah menjual rantai itu dan uangnya digunakan untuk membebaskan seorang budak. Rasulullah pun berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan Fathimah dari api neraka."

📗Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku Jilid 6📗

🏹MATERI 191 JILID 6🏹

🎨🖌🎨🖌🎨🖌🎨🖌🎨

---------------------------------------------------------------------------------

🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🍎ONE DAY ONE SIROH🍎

🍇MATERI 192 JILID 6🍇


🍅Rasulullah Belajar Bertani🍅

Sahabat fillahku, Rasulullah tidak menempatkan dirinya sebagai seorang raja, meskipun banyak orang Anshar menginginkannnya. Seorang raja biasanya tinggal menikmati uang dan makanan. Tidak demikian dengan Rasulullah. Beliau mewajibkan bagi dirinya sendiri bekerja agar bisa makan. Beliau ikut belajar bertani, padahal saat itu usianya sudah diatas 53 tahun. Apalagi seperti kebanyakan orang Mekah, bertani adalah suatu pekerjaan baru yang masih asing bagi beliau.

Rasulullah juga menganjurkan agar kaum pria meringankan beban pekerjaan kaum wanita. Demikian pula sebaliknya, beliau juga mempersilahkan kaum wanita yang tidak sedang sibuk dengan urusan rumah tangga, untuk turut membantu pria bekerja. Maka, banyaklah kaum wanita yang bekerja, termasuk mereka yang di Mekah dulu terbiasa hidup berkecukupan di balik dinding rumahnya.

Asma binti Abu Bakar adalah contoh Muslimah yang bekerja dengan tangannya sendiri. Ia tidak peduli meski ayahnya adalah saudagar kaya yang sukses. Abu Bakar membawa seluruh kekayaannya saat berhijrah, tetapi beliau infakkan semuanya untuk memberikan santunan kepada mereka yang tidak mampu bekerja.

Rasulullah segera menghimbau sahabat-sahabatnya yang mampu untuk mengikuti jejak Abu Bakar. Tidak pantas rasanya jika ada Muslim berpakaian mewah, sedangkan saudaranya keluar rumah dengan bajunya compang-camping. Malu rasanya jika ada Muslim kenyang memakan daging dan roti, sedangkan saudara-saudaranya hanya mampu memakan kurma basah.

Sahabat fillahku, kesejahteraan kaum Muslimin pun meningkat dengan pasti. Apalagi setelah Rasulullah meminta para saudagar kaya dari Muhajirin dan Anshar membeli tanah-tanah kosong untuk dijadikan lahan pertanian. Maka, sejumlah besar kaum Muhajirin pun mendapat lahan pekerjaan. Akibatnya, hasil panen meningkat dan membanjiri pasar-pasar Madinah. Dengan cepat kaum Muhajirin sudah tidak lagi menjadi beban saudara-saudara Anshar mereka.

Namun, ada kalangan yang tidak menyukai perubahan ini.

"Jika dibiarkan begini, orang-orang miskin itu akan meremehkan kita! Bayangkan, Muhammad mengajarkan bahwa dalam tiap harta orang kaya ada hak orang miskin! Enak betul mereka!" demikian kata salah seorang yang tidak suka itu.

Siapakah mereka ini?
Kita lanjutkan kisahnya besok yaa... insya Allah 😊

📝Catatan Tambahan📝

🌎Dunia yang Sebenarnya🌎

Suatu hari, Rasulullah mengajak Abu Hurairah ke suatu lembah, Abu Hurairah terperanjat melihat tengkorak, kotoran, sampah kain, dan tulang belulang. Rasulullah berkata bahwa itulah akhir kenikmatan dunia. Tengkorak itu adalah tengkorak orang yang rakus dunia, kotoran adalah makanannya, sampah kain adalah pakaian mewahnya, dan tulang belulang itu dulunya adalah kuda yang mereka banggakan.

📕Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku Jilid 6📕

🍇MATERI 192 JILID 6🍇

🍑🍜🍑🍜🍑🍜🍑🍜🍑

----------------------------------------------------------------------------------------------