Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba ุงู„ู„ّู‡ُ yang Kaffah.

ODOS - episode 78 - 79 Wahyu ke dua + Ibadah Pertama

๐ŸŒด๐Ÿช๐Ÿช๐ŸŒด๐ŸŒด๐Ÿช๐Ÿช๐ŸŒด

๐ŸŒนONE DAY ONE SIROH๐ŸŒน

๐Ÿ–ŒMATERI 78 JILID 3๐Ÿ–Œ


๐ŸŒฟSurat Adh Dhuha๐ŸŒฟ

Tiba-tiba, wahyu itu turun: "Demi waktu Dhuha (ketika matahari naik sepenggalah), dan demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang permulaan. Dan sungguh kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu sehingga engkau menjadi puas. Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu). Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan. Maka terhadap anak yatim, janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta, janganlah engkau menghardik(nya). Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur)."
(Q.S. Adh Dhuha, 93: 1-11)

Sahabat fillahku, rasa cemas dan takut di hati Rasulullah kini hilang sudah. Betapa damainya firman Allah itu terasa di hati beliau. Rasulullah harus menjauhi setiap perbuatan mungkar dan membersihkan pakaian. Beliau harus mengajak orang mengingat Allah. Beliau harus tabah menghadapi gangguan, tidak boleh menolak orang yang meminta bantuan, dan berlaku lembut kepada anak yatim.

Allah juga mengingatkan bahwa Rasulullah yatim, lalu Allah melindunginya lewat asuhan kakeknya, Abdul Muthalib, dan pamannya, Abu Thalib. Dulu, Rasulullah hidup miskin, lalu Allah memberinya kekayaan. Allah pula yang telah menyandingkan beliau dengan Bunda Khadijah, yang menjadi kawan semasa muda, kawan semasa beliau ber-tahannuts, kawan yang penuh cinta kasih, yang memberi nasihat dengan rasa kasih sayang. Allah telah mendapati Rasulullah tidak tahu jalan, lalu diberi-Nya beliau petunjuk kenabian. Cukuplah semua itu. Hendaklah mulai sekarang, Rasulullah mengajak orang kepada kebenaran, sedapat mungkin, sekuat mungkin.

Lalu Allah mengajarkan Rasulullah ibadah yang pertama. Ibadah apakah itu?

Kita lanjutkan besok ya....
In syaa Allah ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ“šKisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 3๐Ÿ“š

๐Ÿ–ŒMATERI 78 JILID 3๐Ÿ–Œ

๐Ÿก⚜๐Ÿก⚜๐Ÿก⚜๐Ÿก⚜๐Ÿก

----

๐ŸŒด๐Ÿช๐Ÿช๐ŸŒด๐ŸŒด๐Ÿช๐Ÿช๐ŸŒด

☄ONE DAY ONE SIROH☄

๐ŸŽ€MATERI 79 JILID 3๐ŸŽ€


๐ŸŒทSHALAT๐ŸŒท

Shalat adalah satu di antara ibadah pertama yang diajarkan Allah kepada Rasulullah. Suatu saat, ketika Rasulullah dan Bunda Khadijah sedang melaksanakan shalat, datanglah Ali bin Abu Thalib. Ali yang saat itu masih anak anak, tertegun melihat Rasulullah dan Bunda Khadijah rukuk, sujud, serta membaca ayat ayat Al Qur'an.

"Kepada siapa kalian sujud?" tanya Ali ketika Rasulullah dan Bunda Khadijah selesai shalat.

"Kami sujud kepada Allah, " jawab Rasulullah, "Allah telah mengutusku dan memerintahkan aku mengajak manusia menyembah Allah."

Kemudian, Rasulullah mengajak sepupunya itu untuk beribadah kepada Allah semata serta meninggalkan berhala berhala semacam Lata dan Uzza. Rasulullah pun membacakan beberapa ayat Al Qur'an yang membuat Ali bin Abu Thalib terpesona karena ayat ayat itu demikian indah.

Ali meminta waktu untuk berunding dengan ayahnya terlebih dahulu. Semalaman itu, Ali merasa gelisah. Esoknya, ia memberitahukan kepada Rasulullah dan Bunda Khadijah bahwa ia akan mengikuti mereka berdua, tidak perlu meminta pendapat Abu Thalib.

"Allah menjadikan saya tanpa saya perlu berunding dulu dengan Abu Thalib," demikian kata Ali, "apa gunanya saya harus berunding dengan dia untuk menyembah Allah?"

Jadi, Ali adalah anak pertama yang memeluk Islam. Kemudian, Zaid bin Haritsah, bekas budak Rasulullah, ikut masuk Islam juga. Sampai di situ, Islam masih terbatas pada keluarga Rasulullah: istri beliau, sepupu beliau, serta bekas budak beliau. Apa yang harus beliau lakukan untuk menyebarkan Islam lebih luas lagi? Beliau tahu betul betapa kerasnya dan betapa kuatnya orang orang Quraisy menyembah berhala yang diwarisi dari nenek moyang mereka.

Walau demikian, Islam ini harus disebarkan, betapapun kerasnya perlawanan orang. Mau tahu, siapa orang dewasa berikutnya yang menjadi pemeluk Islam?

Nantikan besok ya kisahnya....
In syaa Allah ๐Ÿ˜Š


๐Ÿ“Catatan Tambahan๐Ÿ“

 ⚜Shalat⚜

Shalat adalah ibadah yang terdiri dari perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan memberi salam. Menurut bahasa, shalat berarti 'doa untuk kebaikan.'


๐Ÿ““Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 3๐Ÿ““

๐ŸŽ€MATERI 79 JILID 3๐ŸŽ€

๐ŸŒป๐Ÿ๐ŸŒป๐Ÿ๐ŸŒป๐Ÿ๐ŸŒป๐Ÿ๐ŸŒป