Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

ODOS- Episode 1 Letak Mekah

Assalamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh.. Bagaimana Kabar Saudaraku, Ayah Bunda hari ini? Semoga selalu dalam Rahmat, Berkah dan Ridho Allah SWT.. Aamiin..

BismillahirRahmannirRahiim

Hari ini adalah edisi perdana #OneDayOneSirah.. Kita akan bercerita tentang Letak Mekah.. 

"LETAK MEKAH"


Apakah anak2 kita tahu nama Kota Suci kaum Muslimin? Ya Kota Suci kaum Muslimin adalah Kota Mekah.

Di Kota inilah terletak Kabah, Baitullah. Ke arah Ka'bahlah seluruh Muslim di dunia menghadapkan diri jika sedang shalat. Di kota inilah Nabi kita tercinta dilahirkan.

Kira2 kl kita bertanya pd anak2 dimana letak Kota Mekah Jawabannya apa yaa?
Diatas bukit yg subur? Atau dipinggir sungai besar yg dipenuhi banyak ikan? 

Sebenarnya Kota Mekah adalah sebuah lembah yg tidak begitu luas ditengah lautan pasir, bukit-bukit mengurung lembah ini rapat2. Begitu rapat sehingga hanya ada 3 jalan keluar-masuk ke Mekah, jalan pertama menju Yaman, kedua ke Laut Merah dan yg ketiga ke Palestina. 

Ribuan taun lalu, Lembah Mekah hanyalah sebuah tempat persinggahn rombongan kafilah, baik yg datang dari Yaman menuju Palestina atau sebaliknya.

Ternyata Nabi Ismail lah yg pertama kali membuat Mekah menjadi sebuah kota.

Kota Mekah terletak di Jazirah arab. Seperti apa ya Jazirah Arab itu? Kita simpan dulu ttg Jazirah Arab untuk besok yaa.. 

...To be continued...

Ensiklopedi Mini: 
Sekarang Aku Tahu

*UNTA
Unta adalah kendaraan yang sangat diandalkan penduduk gurun pasir. Ia dapat mengarungi gurun selama 17 hari tanpa minum. Walaupun pelan, jika dipacu, unta dapat menempuh jarak sampai 30 kilo meter dalam sehari. Unta mau melahap ranting dan rumput pahit yang dijauhi kambing. Unta juga mau minum air berlumpur dan mngubahnya jd susu bermutu tinggi yg dpt digunakan sbg obat tetes mata, dagingnya dimakan, bulu dibuat tali, kulit dapat menjadi aneka alat, mulai dari sandal, atap, dan perisai perang, air seninya jadi sampo pencuci rambut, kukunya dibakar dan diulek jadi tepung untuk obat luka atau adonan kue, kotorannya dipakai sbg bhn bakar. 
Unta adalah karunia Allah untuk penduduk gurun pasir.



*Episode1 Perdana

Kitaa lanjut lagi yuuk berkenalan dg Rasulullah SAW.. Tp sblm bertemu Rasulullah kita ketahui dulu kisah2 sebelumnya.. 

Kemarin kita sudah mengetahui letak Kota Mekah.. Dan letaknya itu di Jazirah Arab.. Seperti apa yaa Jazirah Arab itu?? 

🌵 JAZIRAH ARAB

Sesungguhnya Jazirah Arab itu dahulunya merupakan daerah subur, tetapi kemudian dalam waktu yang cukup lama mengalami pengeringan2. 

Kini Jazirah Arab sebagian besar mrpkn gurun pasir dan gunung berbatu. Namun, masih ada tanah2 subur yg dihuni sejak lama. Tanah2 subur itu terletak terutama di daerah pantai, seperti Yaman, Yamamah, Hadramaut, dan Ahsa. Ada juga wilayah subur lain di bagian tengah Jazirah Arab yaitu bernama Najd. Wilayah ini dikenal sbg tempat asal kuda Arab yang termahsyur ke mana- mana.

Najd dan Yamamah juga terkenal sbg penghasil gandum. Saking banyaknya gandum yg dihasilkan sehingga konon mampu memenuhi kebutuhan seluruh penduduk Jazirah Arab yang ketika Nabi Muhammad Saw dilahirkan berjumlah sekitar 10 - 12 juta jiwa. Di Kota Madinah terdapat bukit2 yang baik untuk ditanami. Sementara itu, Kota Tha'if terkenal krn buah-buahannya.

Di luar daerah2 yang subur, Jazirah Arab dipenuhi gunung dan bukit2 batu yang besar. Tidak ada sungai mengalir. Suhu udaranya sangat panas. Karenanya, penduduk Arab umumnya suka mengembara. Mereka suka berpindah ke tempat mana saja yang dapat memenuhi keperluan hidup sehari - hari beserta hewan2 ternak mereka. 

Nah.. Apakah kalian mau berkenalan lebih jauh dengan penduduk Arab? 

Kita sambung lagi besok yaa.. 

📚 Ensiklopedi Mini :
Sekarang Aku Tahu

✏ Pakaian Orang Arab

Penduduk asli Jazirah Arab adalah suku Badui. Pakaian mereka longgar, hangat pada musim dingin dan sejuk pada musim panas. Pakaian ini menjaga kulit dari sengatan matahari serta angin kering. Pada zaman para Nabi, pakaian ini terdiri atas dua helai. Satu helai melilit tubuh dari bawah ketiak, satu helai lagi adalah sebuah jubah panjang sampai kaki dan terbuat dari bulu domba atau unta. Warnanya krem dgn lurik tegak berwarna hitam, biru, cokelat atau putih. Pakaian wanitanya panjang menyapu tanah dan sangat longgar. Selendang melilit pinggang, jubahnya berlurik merah, kuning, hitam atau biru. Cadarnya berwarna hitam atau putih. Tudung kepala berwarna merah, putih, atau cokelat melindungi mata, telinga, dan hidung dari debu dan badai pasir.. 

Mari ajak anak2 kita berimajinasi ttg pakaian org Arab.. Yuuk mulai menggambar dan mewarnai.. Hasil gambarnya kirim via Whatsapp Japri yaa.. Paling lambat pengumpulan gambarnya hari kamis.. Sertakan nama anaknya dan usianya yaa.. Akan ada hadiah menarik lhooo.. Pengumuman pemenangnya hari minggu okee...   

Sampai jumpa di edisi ODOS selanjutnya.. Jgn lupa tugas nya yaa... 

#OneDayOneSirah
#MuhammadSawTeladanku
#SygmaDayaInsani
#SpiritNabawiyahCommunity
#GerakanSejutaKeluargaPecintaRasulullahSaw
#RumahSyaamil