Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

Cara Islami untuk mengontrol Emosi

Materi Kajian online wa HAMBA اللَّهِ SWT
Kamis, 17 April 2014 (2)

Nara Sumber : Ust. Dodi Kristono
Pj : bunda Vita

Tanya :
Bukannya teknologi bisa memudahkan, yg jauh jadi dekat......sdh lbh dari 3 hari pak...
Jwb :
Jika memang kita ada itikad baik didalam hati dan ternyata pihak lainnya susah dihubungi, maka Ikhlaskan saja Bunda Rusni, kita yang memberi maaf terlebih dahulu, pasti terkesan lebih anggun. 


Bisa jadi pihak sebelah sana sudah memaafkan tetapi belum mau untuk pembahasan, agar masalah dapat diselesaikan secara utuh dan cepat
Makanya jangan suka meminta klarifikasi dengan chatting yaaa. 

Takut kita salah paham dalam mengambil kesimpulan
Telfon or Silaturahmi
Dibalik silaturahmi ada rezeki

Tanya : 
Saya ingin mengontrol emosi lbh sabar, saya ngerti saat marah untuk mengatasiya merubah posisi wudhu dll, tp pas saat kejadian.ilang, gmn? 
Jwb : 
Betul Bunda Ary. Itulah cara islami untuk mengendalikan emosi.
Black Memory itu harus "dicabut" dalam ingatan Bunda Ary

Kalau dari sudut pandang Islam ada 2 halnyang harus Bunda Ary lakukan :

1. tulus berdoa dan bersungguh-sunggu dalam berdoa kepada Allah memohon kesembuhan, karena setiap penyakit pasti ada obatnya. Berdoa di waktu dan tempat yang mustajab serta tidak mudah putus asa.

يُسْتَجَابُ لأَحَدِكُمْ ما لم يَعْجَل، يقول: دَعَوْتُ فلم يُسْتَجَبْ لي
“Doa kalian pasti akan dikabulkan, selama ia tidak terburu-buru, yaitu dengan berkata: aku telah berdoa, akan tetapi tidak kunjung dikabulkan.” (Muttafaqun ‘alaih)

2. segera bertaubat kepada Allah

Karena segala sesuatu yang terjadi pada kita adalah akibat perbuatan dan kesalahan kita. Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ
“Dan musibah apapun yang menimpamu, maka itu adalah akibat dari ulah tanganmu sendiri.” (As Syura 30).

Sebagai usaha boleh counseling ke ahlinya...psikolog/psikiater
Counseling itu bagus. Kita hanya bercerita berdua saja dengan kondisi relax saja, biarkan mereka mengambil titik lepasnya
Ada yang namanya Psikologis Klinis dan Non
Klinis biasanya digunakan obat2an hanya untuk membangkitkan sel2 Neuron yang ada dikepala, sehingga tercipta kondisi rilex
Biasanya pemberian obat2an berlangsung disana, bukan seperti Dokter Umum yang sporadis dalam memberikan obat ke pasiennya
Naaah... Ke Psikiater bukan untuk menenangkan diri, tapi akan terjadi dialog dan Psi nya akan membantu untuk mencabut "angker" yang ada dikepala pasiennya, sehingga Black Memory itu bisa holang dan bersih, sehingga tidak akan mempengaruhi sikap kita kedepan
Malamnya TILAWAH

Black Memory akan terjadi kalau memang ini terjadi secara terus menerus didalam periode yang cukup panjang 

Tanya : 
Kang, sy melht seorg anak yg menangis krn kehilangan adiknya di kolam renang (alaupun pd akhirnya ketemu). Tp ketika hilang itu wajahnya panik luar biasa sampai nangis2. Selidik pny selidik tnyt ayhnya suka kasar kalo ank ini tdk mjaga adiknya. Hal ini jg berdampak dgn dia masih mengompol hingga sek kls 5 sd. Apakah anak ini jg dpt diktkn mempunyai black memory?
Apa yg hrs dilakukan?
Jwb : 
Biasanya Black memorybii terjadi dengan umur2 yang tidak terlalu jauh dan dia berlaku yang sama terhadap orang lain
Kalau contoh diatas, lebih kearah TRAUMATIK
Kalau dibiarkan, saat dia besar menjadi Black Memory
Dia akan menjadi ayah yang kasar terhadap anak-anaknya kelak

Yang Bunda Ary harus lakukan disamping yang 2 hal tadi adalah :

Pertama, [حِفْظُ القُوَّة] menjaga kekuatan. 

Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam hadis riwayat Bukhari, memisalkan ilmu sebagaimana hujan dan hati manusia sebagaimana tanah. Karena hati senantiasa butuh nutrisi berupa ilmu.

Kedua, [الحِمَايَة عَنِ الـمُؤْذِى] melindungi diri Bunda dari munculnya penyakit yang baru atau sesuatu yang bisa memparah sakitnya. 

Butuh peran suami untuk mengingatkan jika Bunda sudah masuk ke area tersebut (emosi). Buat kesepakatan dengan suami, dan pastikan suami berperan dan Bunda harus legowo diingatkan. 

Ketiga, [اِسْتِفْرَاغُ الـمَوَاد الفَاسِدَة] menghilangkan penyakit yang ada dalam dirinya

Ibnul Qoyim menjelaskan bahwa cara untuk menghilangkan penyakit yang merusak hati dan perbuatan adalah dengan banyak bertaubat, beristighfar, memohon ampunan kepada Allah.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم menggambarkan,

التَّائِبُ مِنَ الذَّنْبِ، كَمَنْ لَا ذَنْبَ لَهُ
Orang yang bertaubat dari satu perbuatan dosa, seperti orang yang tidak melakukan dosa itu. (HR. Ibn Majah). 

Lakukan secara terus menerus Bunda, untuk sementara suami sebagai mentor, ingatkan kepada Suami agar melakukan ini dan itu sewaktu Bunda merasa di posisi memasuki area tsb. 

Pasti akan ada keributan dahulu dengan suami, komitmenkan dulu diawal, bahwa apapun yang Istri lalukan Suami harus tetap melakukan ini dan itu. Dan ini bukan sebagai bentuk perlawanan kepada suami. 

Ulangi lagi
Ulangi lagi
Ulangi lagi
Repeatition is a mother of skill

--------------
Kondisi paling bagus untuk mengajarkan hafalan dan ingatan kepada anak, adalah diwaktu anak-anak menjelang tidur (sudah siap tidur). 

Kondisi inilah yang disebut Kondisi ALPHA (antara Sadar dan Tidak Sadar). 

Saya selalu mengusap ubun2 dengan harapan (jadi anak Soleh ya) dan ayat Al-Quran dikondisi tersebut.

secara medis :
Biasanya psikiater itu disarankan dan dirujukkan untuk org2 yg mengalami gangguan kejiwaan yg merusak fisiologis jg shingga perlu diberi tindakan medis yg oleh kami dr kalangan psikologi tdk bs dilakukan kpada klien kami..
Untuk saat ini di kedokteran S1 menjadi sarjana kedokteran blm penjurusan scara spesifik...mereka ambil koas untuk dpt gelar dokter kemudian S2 untuk spesialisasi dn dpt gelar yg td dsebutkan diatas...
Bunda ary,,sarannya kang dody diatas sudah mencakup semua aspek tinggal mencari psikolog yg tepat dn mumpuni untuk melakukan hypnotherapinya,tp semua kmbali k pribadi dn keimanan kita bunda,bgmana kita menghayati bahwa semua hanya titipan Allah yg harus dikelola bahkan diri kita sendiri...slalu ada hikmah dbalik semua kejadian..