Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

ODOS - Episiode 264 - 265 = 🐾Ekspedisi Zaid Ibnul Harits🐾

🐪🌴🐪🌴🐪🌴🐪🌴

🌗ONE DAY ONE SIROH🌗

📀MATERI 264📀


🐾Ekspedisi Zaid Ibnul Harits🐾

Ekspedisi ini merupakan operasi militer yang terakhir dan paling berhasil yang dilakukan oleh kaum muslimin sebelum Perang Uhud. Peristiwa ini terjadi pada bulan Jumadil Akhir Tahun ketiga hijrah.

Urutan peristiwa tersebut adalah kaum Quraisy selalu dirundung kesedihan setelah terjadinya peristiwa Badr. Ketika tiba musim panas dan musim dagang Islam telah dekat, mereka dirundung kesedihan yang lain yakni perniagaannya merasa terancam.Safwan Bin Umayyah berkata kepada orang-orang Quraisy, "Muhammad dan para sahabatnya telah merintangi perniagaan kita. Kita tidak tahu apa yang harus kita perbuat terhadap mereka, karena mereka tidak membiarkan daerah pantai. Penduduk daerah pantai berdamai dengan mereka, dan sebagian besar dari mereka telah memeluk Islam. Kita tidak tahu cara menanggulangi, apa yang dapat ditempuh kalau kita tetap tinggal dirumah. Modal kita akan habis dimakan, sementara penghidupan  kita di Mekkah tergantung pada perniagaan kita ke Syam di musim panas dan ke Habasah di musim dingin.

Terjadilah dialog sekitar topik tersebut.  Al Aswad bin Abdul Muthalib berkata kepada Sofwan, "Tinggalkan jalan lewat daerah pantai, dan ambillah jalan lewat Irak.  Jalan lewat Irak merupakan jalan yang panjang melewati Najad sampai ke Syam, dan melewati sebelah timur Madinah.  Orang-orang Quraisy sangat tidak mengetahui jalur tersebut,  maka Al Aswad bin abdul-muththalib menyarankan agar menjadikan Farat bin hayyan dan Bani Bakar Bin wa'il sebagai pemandunya, dan dia sendiri adalah pemimpin dalam perjalanan tersebut.

Berangkatlah kafilah Quraisy dipimpin oleh Safwan Bin Umayyah lewat jalan baru. Namun berita tentang keberangkatan kafilah ini sampai ke Madinah.  Sebab Khalid Bin an-Nu'man telah masuk Islam. Dia bertemu dengan Nu'aim Bin Masud Al Asyja'i (ketika itu belum memeluk Islam) di sebuah tempat minum khamr (ketika itu belum khamer belum diharamkan) Dalam kesempatan tersebut Shalith Bin Nu'man mendengar informasi dari Nu'aim bin Mas'ud tentang perjalanan kafilah Quraisy. Maka Salith bin Numan segera menghadap Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam menyampaikan informasi yang didengarnya.

Apa yang akan dilakukan Rasulullah mendengar berita tersebut?
Kita lanjutkan besok ya kisahnya.....In syaa Allah😊

📖Kisah diambil dari berbagai sumber siroh nabawiyah "Syaikh Shafiyyur Rahman al Mubarakfurry"📖

✍ Editor : Ustadzah Ratna

📀MATERI 264📀

🍄🍁🍄🍁🍄🍁🍄🍁🍄

-----------------------------------------------------------


🌴🐪🌴🐪🌴🐪🌴🐪

🖤ONE DAY ONE SIROH🖤

🎬MATERI 265🎬


🐾Ekspedisi Zaid Ibnul Harits🐾

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam segera menyiapkan pasukan yang terdiri dari 100 personil lengkap dengan kendaraannya di bawah pimpinan Zaid bin Haritsah al Kilabi. Zaidpun segera berangkat, dan di daerah Najad yakni di Qordah,  Zaid berhasil menyergap kafilah yang sedang lengah. Zaid berhasil menguasai mereka,  sedangkan Shafwan dan para pengawal melarikan diri tanpa perlawanan.

Kaum muslimin menawan pemandu kafilah, yaitu Farrat bin Hayyan. Dikatakan pula bahwa kaum muslimin juga menangkap 2 orang yang lain. Mereka mengangkut bahan ghanimah besar berupa perak dan barang-barang berharga lainnya, yang diangkut oleh kafilah semua. Barang itu nilainya sekitar 100.000. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam membagi-bagikan barang-barang ghanimah tersebut kepada para personil ekspedisi itu, setelah beliau ambil seperlimanya,  Farrat bin hayyan akhirnya masuk Islam di hadapan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Peristiwa itu merupakan tragedi dan bencana besar bagi orang-orang Quraisy, sehingga mereka semakin resah dan bertambah sedih  Dihadapan mereka tidak ada jalan kecuali dua pilihan : 📝Menghentikan kesombongan dan mengambil langkah perdamaian dengan kaum muslimin
📝Menempuh langkah peperangan untuk mengembalikan kewibawaan mereka dan melumpuhkan kekuatan kaum muslimin.

Namun mereka memilih langkah yang kedua sehingga tekat mereka semakin kuat untuk melakukan tindakan pembalasan. Mereka giat mengadakan persiapan guna menghadapi kaum muslimin dengan kekuatan maksimal, semuanya itu dan beberapa izin sebelumnya merupakan faktor penting yang menyebabkan terjadinya Perang Uhud.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya.....In syaa Allah😊


📓Kisah diambil dari berbagai sumber siroh nabawiyah "Syaikh Shafiyyur Rahman al Mubarakfurry"📓

✍ Editor : Ustadzah Ratna

🎬MATERI 265🎬

📸📹📸📹📸📹📸📹📸