Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

ODOS - episode 60 - 62 Perbaikan Ka'bah

🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴🌴

🔶ONE DAY ONE SIROH🔶

🖋MATERI 60 JILID 2🖋


🌹Baqum Si Pedagang Romawi🌹

Sahabat fillahku, Muhammad bukankah orang yang suka berpangku tangan, tetapi turut aktif bergaul dalam masyarakat. Suatu hari terjadilah sebuah peristiwa yang membuat nama Muhammad menjadi semakin harum. Peristiwa itu didahului oleh banjir besar yang melanda Mekah. Bukit-bukit di sekitar Mekah tanpa ampun menumpahkan air hujan yang jarang turun itu ke kota yang tepat berada di bawah. Banjir itu menyebabkan dinding Ka'bah yang memang sudah lapuk jadi retak dan terancam runtuh.

Sebenarnya, sebelum banjir tiba, sudah ada pemikiran untuk memperbaiki Ka'bah, tetapi orang orang takut apabila Tuhan Ka'bah  marah. Setelah banjir, tidak bisa dielakkan lagi bahwa dinding Ka'bah  harus diperbaiki dan ditinggikan. Sudah menjadi takdir Allah bahwa waktu itu juga tersiar berita ada sebuah kapal Romawi terdampar di laut Merah, dekat dengan pelabuhan Syu'aibah. Kapten kapal Romawi itu adalah seorang Nasrani yang berasal dari Mesir. Baqum, namanya.

Orang orang Mekah mengutus Walid bin Mughirah dan serombongan orang untuk membeli kapal itu, membongkar kayu kayunya, dan mengangkutnya untuk membangun kembali Ka'bah. Baqum pun akhirnya juga dikontrak sebagai ahli kayu.

Pada mulanya, tidak seorang pun berani membongkar dinding Ka'bah walau secuil karena takut dikutuk Tuhan. Mungkin mereka masih ingat dengan jelas apa yang menimpa Abrahah dan pasukan gajahnya saat ingin menghancurkan Ka'bah. Namun, akhirnya, Walid bin Mughirah memberanikan diri merombak sudut bangunan bagian selatan. Setelah itu, ia menunggu sampai besok. Ketika pagi tiba dan ia tidak juga dikutuk, mereka pun mulai melakukan pembenahan Ka'bah.

Apa peran Rasulullah dalam peristiwa ini?

Nantikan besok ya....
Insya Allah 😊

📝Catatan Tambahan📝

🐏Kambing Sedekah🐏

Setelah upacara resmi pernikahan selesai, Muhammad memerintahkan agar seekor kambing disembelih didepan pintu rumah Khadijah dan membagikan dagingnya kepada fakir miskin. Itu belum termasuk undangan untuk menghadiri jamuan yang akan diadakan pada malam harinya. Jadi, selain diundang jamuan makan, fakir miskin pun dapat membawa pulang ke rumah beberapa kantung daging.


📗Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 2📗

🖋MATERI 60 JILID 2🖋

🌺🌾🌺🌾🌺🌾🌺🌾🌺

-----------------------------------------------------


🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🔷ONE DAY ONE SIROH🔷

🖌MATERI 61 JILID 2🖌


🕋Membangun Ka'bah🕋

Sahabat fillahku, oleh Quraisy, pengerjaan Ka'bah dibagi menjadi empat bagian. Setiap kabilah masing masing mendapat satu sudut yang harus dirombak dan dibangun kembali. Pemugaran Ka'bah dimulai dengan memindahkan patung Hubal dan patung kecil lainnya. Setelah itu, pekerjaan dilanjutkan dengan membersihkan pelataran dan membongkar dinding serta fondasi. Muhammad ikut terlibat dalam pekerjaan yang berlangsung berhari-hari itu.

Ada sebuah batu fondasi berwarna hijau yang tidak bisa dibongkar dengan cara apa pun. Karena itu, batu itu mereka biarkan. Selanjutnya, didatangkanlah batu batu granit biru dari bukit sekitar. Sebuah bahan pencampur semen bernama bitumen yang didatangkan dari Syiria pun mulai digunakan. Pemugaran Ka'bah ini sebenarnya lebih menyerupai perbaikan hasil karya Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Pondasi Ka'bah ditinggikan sampai empat hasta ditambah satu jengkal atau sekitar dua meter. Ke dalamnya diuruk tanah menjadi lantai yang sulit dicapai air apabila banjir datang kembali. Bersamaan dengan itu, pintu di sisi timur laut pun diangkat setinggi pondasi. Dinding dinaikkan sampai 18 hasta. Saat itulah Ka'bah mulai diberi atap bekas kapal yang kandas itu. Sebuah tangga untuk naik turun juga disiapkan. Kini Ka'bah bebas dari banjir. Isinya terlindungi dari hujan, panas dan tangan jahil pencuri.

Pembangunan berjalan lancar sesuai dengan rencana sampai dinding tembok mencapai tinggi satu setengah meter dan tiba saatnya batu hitam, Hajar Aswad, ditempatkan kembali ke tempatnya semula di sudut timur. Karena ini merupakan upacara suci penuh kehormatan, berebut lah setiap kabilah untuk melaksanakannya. Kabilah Abdu Dar merasa lebih berhak daripada Kabilah lain sehingga kedua kelompok saling beradu mulut sampai suasana menjadi semakin panas.

Di tengah keadaan itu, muncul Abu Umayyah bin Al Mughirah. Ia adalah orang tua yang dihormati dan dipatuhi. Ia pun mengajukan sebuah usul yang disetujui oleh semua pihak, "Serahkanlah putusan ini di tangan orang yang pertama kali memasuki pintu Shafa."

Orang orang pun menoleh dan menanti. Siapakah yang kiranya akan datang pertama sekali?

Nantikan besok ya....
In syaa Allah 😊

🖋CATATAN TAMBAHAN🖋

🔶Sifat Muhammad🔶

Sahabat fillahku, Muhammad telah mendapat karunia Allah dengan pernikahan ini. Dari seorang pemuda miskin, Allah telah mengangkatnya menjadi laki-laki berkedudukan tinggi dengan harta yang mencukupi.

📘Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 2📘

🖌MATERI 61 JILID 2🖌

💎⚜💎⚜💎⚜💎⚜💎

----------------------------------------------------


🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🖋ONE DAY ONE SIROH🖋

🔴MATERI 62 JILID 2🔴


🕋HAJAR ASWAD🕋

Sahabat fillah, ternyata yang datang pertama kali dari pintu Shafa adalah Muhammad.  Orang orang pun bersorak lega.

"Ini dia Al Amin" seru mereka. " Dia adalah orang yang bisa dipercaya. Kami yakin dia bisa memecahkan persoalan ini. Kami akan menerima putusannya. "

Orang-orang Quraisy pun menceritakan persoalan yang mereka alami. Muhammad yang saat itu belum berumur 30 tahun, memandang mereka dengan matanya yang teduh dan bijaksana. Muhammad melihat berkobarnya api permusuhan pada mata setiap orang dari masing masing kabilah Quraisy. Keadaan ini benar benar genting. Kalau salah mengambil keputusan, akan terjadi pertumpahan darah diantara kabilah kabilah itu.

Muhammad berpikir sejenak, lalu dia berkata," tolong bawakan sehelai kain."

Kain pun segera diberikan. Muhammad mengambil dan menghamparkan kain itu. Dia lalu mendekati Hajar Aswad. Diangkatnya batu hitam itu dan diletakkan di tengah-tengah.

"Hendaknya,  setiap ketua kabilah memegang ujung kain ini," kata beliau lagi.

Kemudian, para ketua kabilah memegang ujung kain dan bersama sama mengangkat Hajar Aswad. Di tempat Hajar Aswad semula berada. Muhammad mengangkat dan meletakkannya kembali.

Semua pihak merasa amat puas dengan keputusan Muhammad yang adil itu. Demikianlah, pada waktu muda. Rosulullah telah menjadi orang yang cerdas dan bijaksana.

Kita lanjutkan besok ya ceritanya...  Insya Allah😊

📖Catatan Tambahan📖

💧HAJAR ASWAD DICURI💧

Tanggal 18 Januari 930 muncul 1500 orang gerombolan sekte Qaramithah yang menyusup dalam rombongan jamaah haji. Enam hari kemudian, mereka mencuri dan menyandera Hajar Aswad. Lebih dari dua puluh tahun kemudian, yaitu tahun 951 masehi. Khalifah Al Mansur dari dinasti Fatimiah menebusnya dengan harga luar biasa dan mengembalikannya ke Mekah.

📙Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 2📙

🔴MATERI 62 JILID 2🔴

🌻🍃🌻🍃🌻🍃🌻🍃🌻

---