Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

ODOS - episode 49-51 Muhammad Remaja

🌻ONE DAY ONE SIROH🌻

🖊MATERI 49 JILID 2🖊

🏹PERANG FIJAR🏹

Sahabat Fillahku, sebagai seorang remaja yang tumbuh di lingkungan Jazirah Arab.  Muhammad juga mengalami perang. Perang itu disebut Perang Fijar. Saat peperangan dimulai, Umur Muhammad memasuki lima belas tahun

Perang itu sendiri disebabkan sebuah pembunuhan. Barradz bin Qois dari Bani Kinanah membunuh Urwa Ar-Rahhal bin Utba dari Bani Hawazin hanya karena Barradz jengkel ketika Urwa dipilih untuk memimpin kafilah dagang Nu'man bin Mundhir yang kaya. Diam diam , Barradz mengikuti kafilah Urwa dari belakang dan membunuh Urwa.
Padahal ketika itu adalah bulan suci, bulan yang tidak diperkenankan bagi siapa pun untuk menumpahkan darah.

Karena Quraisy pelindung  Barradz, Bani Hawazin mengumumkan perang terhadap Quraisy untuk membalas kematian Urwa. Perang pun pecah pada bulan suci. Selama empat tahun berturut-turut, kedua belah pihak saling menyerang.

Dalam pertempuran itu, awalnya Muhammad bertugas memunguti anak panah lawan yang berjatuhan dan memberikannya kepada paman-pamannya. Namun, pada tahun-tahun berikutnya, dia juga menembakan panah ke arah lawan untuk melindungi paman-pamannya. Setelah menjadi Rosullullah, Muhammad pernah bercerita tentang Perang Fijar itu. " Aku mengikutinya bersama paman-pamanku, juga ikut melempar panah dalam perang itu sebab aku tidak suka kalau aku tidak ikut melaksanakannya juga."

Perang pun berakhir dengan perdamaian ala pedalaman : pihak yang menderita lebih sedikit korban manusianya harus membayar ganti rugi kepada pihak lainnya sejumlah selisih kelebihan korban. Dalam hal ini, pihak Quraisy yang lebih sedikit menderita korban harus membayar kelebihan korban sebanyak dua puluh orang Hawazin.

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..Insya Allah 😊


📝Catatan Tambahan📝

⚜Barradz bin Qois⚜

Barradz bin Qois, penyebab Perang Fijar, adalah seorang pemabuk. Karena merusak citra sukunya, dia diusir dan mendapat naungan suku lain. Namun disini, dia juga mabuk berat dan membuat onar dan diusir lagi. Akhirnya, Harb bin Muawiyah, ayah Abu Sofyan, menampungnya walaupun hampir saja Barradz bin Qois diusir lagi karena terus berbuat onar, karena perlindungan dari Harb dari Quraisy inilah , Bani Hawazin menyerang Quraisy ketika Barradz bin Qois membunuh Urwa bin Utba.


📘Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 2📘

🖊MATERI 49 JILID 2🖊

🌹🍃🌹🍃🌹🍃🌹🍃🌹

-------------------------------------------------------------


🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🔸ONE DAY ONE SIROH🔸

🖍MATERI 50 JILID 2🖍

🎪HILFUL FUDHUL🎪

Sahabat Fillahku, selain mengikuti peperangan, Muhammad yang masih remaja juga mengikuti sebuah perjanjian yang amat baik. Perjanjian itu kelak dikenal dengan nama Hilful Fudhul.

Perjanjian ini bertujuan untuk melindungi hak hak para pedagang asing yang sering kali terzhalimi. Pencetus perjanjian ini adalah protes seorang pedagang asing dari Yaman. Saat itu, Ash bin Wa'il, seorang saudagar Mekah, tidak mau membayar utang kepada si pedagang. Pedagang itu lalu menggubah syair dan membacakannya di depan umum.

Syair ini amat menggugah perasaan para pemuka Quraisy. Mereka khawatir apabila dibiarkan terus, para pedagang Asing tidak mau lagi memasuki Mekah. Apalagi Perang Fijar mengakibatkan mulai terjadinya perpecahan di pihak Quraisy. Sepeninggal Abdul Munthalib , orang -orang Quraisy dari keluarga yang lain sudah mulai berani mencoba menantang kekuasaan pemerintahan Quraisy. Maka dari itu, atas usulan Zubair bin Abdul Munthalib, seorang paman Muhammad, orang -orang Quraisy dari keluarga Hasyim, Zuhra, Taim berkumpul.Mereka bersepakat dan berjanji atas nama Tuhan Maha Pembalas bahwa Tuhan akan berada di pihak yang terzalimi sampai orang itu tertolong.

Pertemuan ini sendiri berlangsung di rumah Abdullah bin jud'an At Taimi yang megah. Perjanjian Hilful Fudhul ini menjamin perlindungan terhadap hak hak orang lemah. Muhammad ikut menyaksikan perjanjian dan amat menyukainya. Setelah kelak diutus menjadi seorang Rosullullah, Muhammad bersabda: " _Aku tidak suka mengganti perjanjian yang kuhadiri di rumah Ibn Jud'an itu dengan jenis unta yang baik. Kalau sekarang aku diajak, pasti akan kutolak_"

Demikianlah,  sahabat fillah, beberapa kejadian penting yang pernah diikuti Rosullullah pada masa remajanya. Namun, selain kejadian-kejadian itu, apa pekerjaan utama Rosullullah ketika remaja ?

Insya Allah kita lanjutkan lagi esok ya kisahnya 😊


📝Catatan Tambahan📝

 🐪Besarnya Diyat🐪

Diyat adalah pembayaran ganti rugi.
Utk kematian/wajah cacat total ganti ruginya sebanyak 100 ekor unta. Satu kaki/tangan/mata jadi buta diganti dg 50 ekor unta. Jika wajah cacat total, nilai gantinya 100 unta.
Luka sampai menembus otak, 33 ekor unta. Cacat kelopak mata, 25 ekor unta. Satu jari hilang/tulang retak, 15 ekor unta.Luka sampai tulang kelihatan, 10 ekor unta.
Satu gigi copot, 5 ekor unta. Demikian seterusnya dlm ketetapan yg rinci.

📙Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 2📙

🖍MATERI 50 JILID 2🖍

🌻⚜🌻⚜🌻⚜🌻⚜🌻

------------------------------------------------------


🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🌸ONE DAY ONE SIROH🌸

⚜MATERI 51 JILID 2⚜

 🐏 MENGGEMBALAKAN KAMBING 🐏

Sahabat fillahku, Nabi Muhammad melewati masa remajanya dengan menggembalakan kambing. Beliau pernah berkata kepada para sahabatnya, "Musa diutus, dia menggembala kambing. Daud diutus, dia menggembala kambing. Aku diutus juga menggembala kambing keluargaku di Ajyad."

Sambil menggembala, pikiran Muhammad menerawang, "Siapa yang menciptakan bintang-bintang yang begitu kemilau? Siapa yang membuat udara untuk kuhirup? Siapa yang membuat jantungku berdetak? Siapa yang membuat matahari mengejar bulan dan bulan mengejar matahari?"

Ribuan pertanyaan seperti itu membuat Muhammad selalu sibuk berpikir. Hal itu membuat akhlak beliau terjaga demikian baik dari perbuatan buruk yang sering terjadi di Mekah. Saat itu, orang menyembah patung dimana-mana, laki-laki dan perempuan yang bukan suami istri sering pergi berduaan, orang-orang melakukan thawaf tanpa busana, pesta mabuk-mabukan setiap malam, dan masih banyak keburukan lain.

Meski demikian, pernah juga Muhammad ingin pergi ke kota untuk melihat sebuah pesta pernikahan.

"Tolong jaga kambing kambingku," pinta Muhammad kepada seorang teman gembalanya.

"Baiklah, memang sudah  giliranmu yang pergi bersenang-senang," kata teman Muhammad. "Selama ini, kami selalu ada di padang gembala seperti seorang pertapa."

Muhammad pun pergi memasuki Mekah.

Di ujung kota, ia melihat ada sebuah pesta   pernikahan yang dipenuhi berbagai hiburan dan musik.

Namun, belum sempat Muhammad tiba dirumah itu, tubuhnya tiba tiba disergap keletihan. Muhammad duduk bersandar di dinding dan tertidur lelap sampai pagi. Ia tidak sempat melihat tontonan di pesta sedikit pun.

Esok harinya, Muhammad datang lagi ke Mekah dengan maksud yang sama. Kali ini, sebelum ia tiba di tempat pesta, telinganya mendengar musik indah yang turun dari langit, musik yang jauh lebih indah daripada semua musik di dunia ini. Musik itu membuai Muhammad dan ia pun kembali tertidur.

Sejak itu, Muhammad tidak lagi berminat untuk melihat pertunjukan musik di pesta. Agar terhindar dari kenakalan yang sering dibuat para pemuda seusianya, Muhammad memutuskan untuk menikah saja.

Sahabat fillahku, tahukah kalian bahwa Muhammad kemudian berniat untuk menikah dengan seorang gadis?

Siapakah dia? Nantikan esok ya....
Insya Allah 😊


📝Catatan Tambahan📝

 🌹AL AMIN 🌹

Akhlak Muhammad yang demikian baik selagi muda membuatnya disayang dan dipercaya semua orang hingga ia pun dijuluki Al Amin, artinya "Yang Dipercaya".


📕Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 2📕

⚜MATERI 51 JILID 2⚜

🌷🌾🌷🌾🌷🌾🌷🌾🌷

---