Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

CARA MENGATASI UBAN

Cara mengatasi uban. Uban merupakan suatu pertanda bahwa usia kita sudah semakin menua. Namun apa jadinya kalau si uban itu datang terlalu cepat, alias datang sebelum waktunya. Iyap, pasti sangat bikin malu  kan? Udah gitu pasti bikin rasa percaya diri kita jadi down. Nah biasanya kalau hal ini terjadi pada sobat, langkah apa yang sobat ambil untuk mengatasi tamu yang tak diundang ini. Apakah dengan mewarnai rambut?

Mewarnai rambut hanya akan menyelesaikan masalah uban untuk sementara saja, karena bukan penyebabnya yang diatasi. Jika sobat memilih semir rambut sebagai solusi, sobat juga harus mau berkonskuensi untuk rajin menyemir rambut jika nanti tumbuh rambut yang baru. Selain itu, semir rambut juga merupakan bahan kimia yang tidak begitu baik jika selalu di gunakan pada rambut kita. Lama kelamaan rambut yang selalu diberi pewarna akan rusak dengan sendirinya, awalnya rambut menjadi kering dan merah lama kelamaan rambut juga akan memutih menjadi uban jika tidak diwarnai lagi.


---

Cara Menghilangkan Uban Diusia Remaja

Uban umumnya baru akan muncul ketika seseorang berumur lebih dari 40 tahun. Karena pada umur yang semakin tua tersebut regenerasi sel akan terganggu sehingga sel yang mati tidak dapat segera tergantikan oleh sel yang baru. Namun akhir-akhir ini banyak sekali kita jumpai anak-anak remaja rambutnya sudah beruban. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan uban muncul di usia yang sangat dini ini.

Penyebab ubanan diusia remaja:

Stress
Stress ternyata bisa berakibat macam-macam ya, termasuk tumbuhnyaa uban di usia yang masih terbilang remaja. Stress akan menghambat produksi melanosit yang berfungsi juga untuk memberikan warna pada rambut, maka dari itu sobat perlu tahu bagaimana cara mengatasi stress agar tidak tumbuh uban diwaktu yang belum tepat, tentang cara mengatasi stress bisa sobat baca di cara mengatasi pikiran stress dengan mudah.

Rokok
Tuh kan, rokok emang penyebab berbagai sumber permasalahan. Udah deh stop aja merokok dari pada harus punya uban di usia yang masih muda. Merokok itu lebih banyak ruginya dari pada untungnya. Say no to rokok. Merokok Cuma bikin kantong kering.

Kekurangan vitamin
Kurangnya asupan vitamin dalam tubuh juga akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Kalau asupan vitamin sobat kurang, terlebih vitamin B complek atau B 12 akan menyebabkan uban tumbuh lebh cepat.

Keturunan
Kalau yang satu ini, tentu sangat sulit sekali untuk diubah, soalnya gen nya udah nancep sejak sobat dilahirkan. Kalau dalam keluarga sobat ada yang mempunyai masalah dengan uban saat usia remaja, hampir dipastikan sobat juga akan mengalaminya.
Nah itu tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan tumbuhnya uban di usia remaja, sekarang setelah tahu penyebabnya kita akan kasih tahu bagaimana cara mengatasi uban di usia remaja dengan bahan alami.

Cara  Mengatasi Uban Secara Alami

Dengan menggunakan bahan alami yang tentu ramah lingkungan dan juga ramah di kantong, beberapa bahan yang bisa kita gunakan sabagai pilihan cara mengatasi uban antara lain:

Cara mengatasi uban dengan biji pepaya

Nggak Cuma buahnya aja yang berguna dari pepaya ini, selain buahnya bisa digunakan untuk mengatasi komedo, ternyata biji pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan uban. Biar gak sia-sia, buah pepaya tadi kita gunakan untuk mengatasi komedo seperti apa caranya baca yuk di cara mengatasi komedo diwajah dengan cepat.

Untuk menggunakan biji pepaya ini caranya cukup mudah yaitu:
Ambil dan bersihkan biji pepaya dari buahnya, kemudian cuci dan rendam biji pepaya tersebut dengan menggunakan air bersiih. Sangrai biji pepaya tersebut seperti sobat menyangrai kopi. Tumbuk biji pepaya yang sudah disangrai tadi sampai halus. Tambahkansedikit minyak kelapa sesuai keinginan sobat, campur sampai merata lalu oleskan menyeluruh kerambut. Tutup menggunakan handuk dan diamkan selama kurang lebih 2 jam, lalu bilas sampai bersih.

Cara mengatasi uban dengan daun sepatu

Tanaman sepatu mengandung flavonid yang bermanfaat untuk mengatasi uban. Selain itu daun sepatu juga mengandung polifenol dan juga saponin seperti yang terkandung dalam teh.

Caranya cukup mudah, yaitu:
Siapkan daun sepatu secukupnya, kemudian cuci dengan air bersih. Daun sepatu yang sudah dicuci tadi kemudian dihaluskan, tambahkan sedikit air lalu saring dan simpan didalam botol, sobat juga bisa menambahkan dengan sedikit perasan air jeruk. Gunakan air perasan daun sepatu tadi untuk dioleskan dari akar sampai ujung  rambut, tunggu sekitar 30 menit. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Biarkan kering secara alami jangan keringkan menggunakan hair dryer.

Cara mengatasi uban dengan bunga sepatu

Sama seperti daun bunga sepatu, bunganya pun juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi uban. Caranya ambil beberapa helai mahkotaa bunga sepatu. Lalu haluskan. Panaskan minyak kelapa kurang lebih 200ml, campurkan bunga sepatu yang sudah dihaluskan tadi kedalam minyak kelapa. Tunggu sampai minyak menjadi dingin. Simpan ramuan dalam botol dan gunakan untuk mengolesi rambut dari akar hingga ujung. Lakukan setiap menjelang tidur dan bersihkan dipagi harinya, pastikan tidak ada minyak yang tersisa.

Cara mengatasi uban dengan teh

Teh mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Untuk menggunakan teh sebagai penghilang uban, sobat cukup menyeduh teh dengan air panas. Lalu diamkan selama semalaman, gunakan air rendaman teh tadi untuk membasuh kepala, lakukan secara rutin.

Cara mengatasi uban dengan cukup nutrisi

Asupan nutrisi yang cukup selain menjaga tubuh tetap sehat juga bermanaat menjaga kesehatan rambut. Terlebih asupan protein yang  berguna sebagai zat pembangun.

Cara mengatasi uban dengan daun rambutan

Ambil beberapa lembar daun rambutan, cuci menggunakan air sampai bersih. Haluskan daun rambutan tadi lalu tambahkan sedikit air. Saring daun rambutan yang sudah dicampur dengan air tadi. Gunakan air perasan untuk mengoles rambut dari akar sampai ujung. Diamkan selama sekitar 30 menit. Kemudian bilas sampai bersih.


Cara mengatasi uban dengan minyak kelapa

Siapkan minyak kelapa secukupnya lalu campur dengan perasan jeruk nipis. Aduk sampai rata dan gunakan untuk mengoles rambut dari akar hingga ujung. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Cara mengatasi uban dengan minyak kemiri

Pertama sangrai kemiri lalu haluskan sampai keluar minyaknya. Oleskan kemiri tadi pada rambut sampai merata. Biarkan kurang lebih sekitar 15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Selain untuk mengatasi uban minyak kemiri juga berfungsi untuk merawat kesehatan rambut. Baca tipsnya di cara mengatasi rambut kering dan kusam dengan mudah.

Berhenti mencabut uban

Uban yang muncul dirambut emang dirasakan cukup mengganggu karena merusak penampilan yang udah kita perfect-perfeckin. Tapi sobat jangan sampai nyabut tuh uban. Karena dikulit rambut terdapat cukup banyak saraf. Jika sobat mencabut si uban tadi tentu saraf yang lain juga ikut terganggu, nah hal itu dikhawatirkan akan menambah volume uban yang ada di sekitar rambut kita.

Itu tadi beberapa tips cara mengatasi uban yang tumbuh terlalu cepat diusia remaja. Selamat mencoba semoga uban yang nakal itu bisa segera pergi dari rambut sobat.

--

Uban merupakan rambut putih yang kerap kali tumbuh pada kulit kepala. Menurut penelitian, berubahnya warna rambut menjadi putih tidak hanya karena usia melainkan karena keturunan, stress yang terlalu berebihan, dan juga karena efek rokok. Meski begitu, banyak orang yang menganggap bahwa keberadaan rambut putih penyebabnya hanyalah usia. Padahal Hal itulah yang kemudian membuat banyak orang merasa kurang percaya diri untuk berhadapan dengan orang lain terlebih dengan lawan jenis.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah tersebut adalah benar dan tidak perlu dipertentangkan lagi. Untuk itu, sebelum anda mengalami rambut beruban, ada baiknya melakukan langkah pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi. Caranya dengan menjalankan pola hidup sehat, konsumsi makanan sehat, hindari stres dan istirahat yang cukup.

Makanlah makanan yang mengandung banyak kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin B dan protein. Vitamin A berperan penting untuk menjaga kesehatan rambut agar tidak rapuh dan berganti warna. Vitamin A banyak dikandung oleh sayuran seperti wortel dan sawi. Selain sayuran, buah – buahan juga banyak mengandung vitamin A seperti buah apel dan anggur. Sedangkan vitamin B berperan penting dalam menjaga jumlah minyak yang diproduksi untuk menjaga kelembapan rambut. Vitamin B banyak dikandung oleh sayur mayur, buah dan sereal.

Protein juga merupakan sumber gizi yang tak kalah penting untuk menunjang performa rambut. Protein mampu menjaga rambut untuk tetap konsisten terhadap warna hitam yang dimilikinya. Untuk mendapatkan manfaat protein, anda cukup mengkonsumsi kacang – kacangan, susu, telur, daging dan lain – lain.

Selain itu, menghilangkan rambut beruban juga dapat anda lakukan dengan cara menghindari stress. Stress memang membawa banyak dampak buruk bagi kesehatan seseorang. Bahkan, munculnya uban diantara rambut – rambut hitam juga merupakan salah satu akibat dari stress yang berlebihan. Karena itulah, sebaiknya anda selalu mengkondisikan pikiran anda dalam keadaan yang tenang dan rileks. Pikirkan masalah anda dengan tenang dan berfikir secara jernih. Dengan begitu, uban di rambut anda akan dapat berkurang sedikit demi sedikit.

Istirahat yang Cukup
Untuk mencegah munculnya uban di rambut, istirahat yang cukup juga sangat diperlukan. Dengan istirahat yang cukup, sel pada rambut akan beregenerasi sehingga menjadikannya lebih sehat. Selain baik untuk kesehatan rambut, istirahat juga bermanfaat untuk menghindari stress pada kulit. Dengan menjalankan cara ini, anda dapat melakukan satu usaha yang memiliki banyak manfaat.
---

Cara Menghilangkan Rambut Beruban

Menghilangkan rambut beruban bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang cara penggunaan dan pembuatannya bisa kita lakukan sendiri di rumah. Lebih tepat jika disebut cara tradisional untuk mengatasi uban di rambut.

Minyak Kelapa/Kemiri
Pijat rambut dapat membuat rambut anda menjadi semakin tenang. Pijatan – pijatan yang menenangkan tersebut juga akan melancarkan peredaran darah dikulit kepala sehingga rambut dapat selalu sehat. Karena otot dikulit kepala menjadi tenang, perubahan warna pada rambut akan dapat dicegah dengan mudah. Maka dari itu, sering–seringlah anda memijat kulit kepala anda menggunakan pelumas seperti minyak kemiri atau minyak kelapa.

Gunakan Air Kelapa
Waktu kecil saya sering keramas dengan menggunakan air kelapa yang sudah tua, karena menurut ibu saya itu bagus untuk rambut. Belakangan saya tahu bahwa air kelapa memang sangat berkhasiat untuk rambut, terutama dalam mencegah dan mengatasi uban. Caranya dengan keramas menggunakan air kelapa yang sudah tua yang sudah layak diambil santannya.

Teh Hitam
Selain nikmat disajikan sebagai minuman sehari-hari, teh hitam juga bagus jika digunakan untuk perawatan rambut. Termasuk mengatasi uban di rambut Anda. Caranya, ambil air teh sebanyak satu gelas besar dan biarkan semalaman di luar rumah, tapi jangan sampai terkena air hujan. Keesokan harinya, air teh tersebut digunakan untuk membasuh rambut pada pagi harinya. Setelah itu keramas seperti biasa.

Jus Lemon dan Minyak Almond
Selain minyak kelapa, minyak almond juga berkhasiat untuk menghilangkan uban di rambut. Agar khasiatnya lebih terasa, padukan dengan jus lemon. Caranya, campurkan minyak almond dengan jus lemon lalu aplikasikan pada rambut sebagai masker rambut alami. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih dan keramas seperti biasa.

Warnai Rambut
Mewarnai rambut memang langkah yang paling cepat dan solusi terakhir untuk membuat rambut bebas dari uban. Namun, pemilihan pewarna rambut yang tepat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Pewarna rambut yang paling tepat untuk menghilangkan rambut beruban adalah pewarna yang terbuat dari bahan alami. Anda dapat mengetahui susunan bahan alami dengan membaca komposisi produk yang berada di belakang kemasan pewarna rambut.
Itulah beberapa cara menghilangkan rambut beruban yang dapat anda coba dirumah. Semua cara diatas sudah terbukti ampuh dalam menangani pertumbuhan uban pada rambut. Untuk melakukan pijatan, anda dapat melakukannya disalon kecantikan. Selamat mencoba 😉