Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

Sehat ala Rasulullah

Rekap Kajian HAMBA اللَّهِ SWT

Senin, 14 April 2014
pemateri : ustad Dodi Kristono
pj : Bunda Vita

Sehat ala Rasululloh : 
1. Tidur sehat
2. Makan sehat
3. Olahraga sehat
4. Bersih
5. Tahan amarah
6. Hindari iri hati

Hidup Sehat ala Rasulullah صلى الله عليه وسلم

Rasulullah sangat jarang mengalami sakit meskipun mempunyai banyak aktivitas seperti berdakwah, beribadah, dan bahkan terjun langsung dalam peperangan, serta sering menghadapi hal-hal yang sangat menekan perasaan. Menurut beberapa sirah, selama hidupnya Rasulullah صلى الله عليه وسلم hanya sakit dua kali :
1. Saat menerima wahyu pertama,
2. Menjelang beliau wafat. 

Ada beberapa kebiasan Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang menjadikan beliau sangat sehat lahir batin, antara lain:

1. Tidur Sehat Ala Rasulullah صلى الله عليه وسلم 

Rasulullah tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Rasulullah selalu mengajak umatnya agar selalu bangun sebelum waktu subuh serta melaksanakan sholat shubuh di masjid. Selain mendapat pahala, dengan berjalan ke masjid, kita akan menghirup udara subuh yang segar dan mengandung oksigen.

Cara tidur Rasulullah pun sarat makna dan terkadang beliau memiringkan badannya kesebelah kiri sebentar, untuk kemudian kembali ke sebelah kanan. Tidur seperti ini merupakan tidur paling efisien.

Tiga manfaat yang dapat diambil dari posisi tidur miring ke kanan, yaitu:

1.1. Menjaga saluran pernafasan 
1.2. Menjaga kesehatan jantung 
1.3. Menjaga kesehatan paru-paru


2. Makan Sehat Ala Rasululullah صلى الله عليه وسلم 

Allah berfirman dalam Al Qur’an surat Al Baqarah 168:

“Hai sekalian manusia makan-makanlah yang halal lagi baik dariapa yang terdapat di bumi dan jangan kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena syaitan musuh yang nyata bagimu.”

Sesungguhnya pangkal penyakit kebanyakan bersumber dari makanan. Maka tak heran bila Rasulullah memberi perhatian besar dalam masalah ini.

Prinsip pertama makanan dan minuman harus halal dan thoyib (baik). 

Puasa pun akan membawa kita pada kesehatan yang sangat luar biasa. Secara fisiologis, puasa sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh manusia. Saluran pencernaan manusia tempat menampung dan mencerna makanan, merupakan organ dalam yang terbesar dan terberat di dalam tubuh manusia. Sistem pencernaan tersebut tidak berhenti bekerja selama 24 jam dalam sehari. Banyak hasil penelitian modern yang memaparkan bahwa puasa sangat menyehatkan. Diantaranya, memberikan istirahat fisiologis menyeluruh bagi sistem pencernaan dan sistem syaraf pusat, menormalisasi metabolisme tubuh, menurunkan kadar gula darah, mengikis lipid “jahat” (cholesterol), detoksifikasi (membuang racun dari tubuh), dan lain sebagainya.


3. Olahraga Sehat Ala Rasulullah صلى الله عليه وسلم 

Olahraga merupakan kegiatan menggerakan seluruh anggota tubuh secara teratur, sehingga otot-otot menjadi kuat, persendian tidak kaku, dan aliran darah berjalan lebih lancar ke semua jaringan dan organ-organ tubuh. Rasulullah صلى الله عليه وسلم menganjurkan semua muslim berolahraga secara rutin sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dan kesegaran jasmani. 

Sabda beliau: “Ajarilah anakmu (olahraga) berenang dan memanah” (HR.Dailami).

Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat menunjang perkembangan jiwa. Meningkatkan ketrampilan dan pertumbuhan badan.selain untuk menjaga stamina olahraga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.
--

- Selagi kita berada d negara muslim atau mayoritas muslim, tidak perlu ragu halal atau tidak kecuali jelas memang menjual makanan haram

- Boleh menerima dan memakan makanan yg diberi oleh orang non muslim, krn di negara kita sistem pemotongan sudah mengikuti syariat Islam

- Makanan itu harus halal dan baik, jika ada makanan yg apabila dikonsumsi banyak mjd tidak baik maka lakukanlah keseimbangan (apa ya bhs arabnya tadi)

- Jika kita berada di pesta tp tidak ada kursi untuk duduk, mk itu termasuk darurat jd tdk apa-apa

- Label halal MUI sama spt d negara lain sudah memenuhi syarat 

Kalau dia bekerja dihotel atau tempat yang memang menyajikan bahan non halal dan ada kemungkinan orang muslim datang ke tempat tersebut : 

1. Pastikan bahwa dalam menu dan dalam area resto atau hotel tersebut, memberitahukan kalau menu tersebut non halal. Ini merupakan hal yang menjadi domain pemerintah (memberitahukan halal dan non halal bagi setiap resto dan hotel yang menyajikan menu tsb. 

2. Kondisinya sama seperti orang yang bekerja di Bank... Pastikan dan usahakan dengan sungguh2 untuk berusaha mencari pekerjaan yang membuat tenang di dunia dan akhirat. Selama belum dapat, asalkan kita sungguh2 berusaha, maka masih diperbolehkan untuk bekerja ditempat tersebut. Atau berusaha dahulu untuk minta pindah bagian sebelum mendapatkan pekerjaan barunya.

berhusnuzon dengan MUI, bahwa tugas dan tanggung jawab mereka tidak hanya di dunia saja. 

Sebelum memberikan sertifikasi halal, MUI pasti akan melakukan pengujian lab terhadap makanan yang akan dijual ke publik. 

That's why terkadang ada biaya yang timbul untuk sertifikasi halal tersebut, bukan untuk menyogok, tetapi untuk melakukan pengujian2 yang membutuhkan biaya. 

Kalau ternyata ada kasus bakso ternyata haram, didalam stiker halal atau sertifikasi halal tersebut ada nomor kodifikasi yang bisa dicek, apakah bakso tsb memang sudah mendapatkan secara resmi atau tidak dalam mendapatkan sertifikasi halal....? Jika belum, maka bisa dilaporkan ke pihak berwenang untuk ditindaklanjuti masalah pembohongan publik

Anggaplah benar terdaftar... Dan merk bakso tersebut ditengah perjalanannya menggunakan bahan "bab", apakah kita berdosa...? 

Hukum universal di Islam sudah menjawab akan hal ini, jika memang ketidaktahuan dalam melakukan sesuatu baik Ibadah maupun muamalah, maka tidak dibebankan hukuman terhadap pelaku tersebut

selama kita yakin masih berada di negara Muslim, pemimpinnya masih melaksanakan sholat wajib, maka pasti akan diperhatikan mengenai kemashalatan umat dalam beribadah dan muamalah

Bismillah dan tetap waspada, sekalian belajar membuat kebiasaan waspada tsb menjadi suatu kebiasaan

Jika kita berada di neg non muslim maka : berdasarkan pengalaman ust. Dodi sbb : 
Sebulan lalu saya pergi ke Shanghai China...

Kurang lebih 7 hari, selama sarapan dan makan siang, saya berusaha tidak memakan makanan yang digoreng maupun daging2an. 

Saya hanya berusaha memakan yang berasal dari tumbuh2an, seperi roti gandum, salad dllnya. 

Namanya orang Indonesia Tea, kalau ga makan daging dan nasi ga afdhol. 

Akhirnya saya mencari di Nanjing Road berjalan di malam hari, sampai bertemu dengan orang timur tengah yang menjual sate dan mengucapkan salam, jika dimembalas, bisa dipastikan ybs muslim (bertanya langsung juga boleh), akhirnya setiap makan malam saya makan di warung makan ybs walaupun hanya beratapkan tenda. 

Intinya adalah.... Kita bersunguh2 dahulu untuk mencari makanan yang halal, insya Allah Ta'ala akan dimudahkan

Buat akhwat yg blm sempat ikutan tadi mgk berguna
Jazakillah khairan katsiron kang dodi...selamat istirahat, semoga apa yg diberi menjadi amal dan pahala yg berlimpah tuk akang dan keluarga
Akwat sadayana, mohon maag jika PJ hari ini kurang maksimal yaaa...

وَ عَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ