Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

Doa - doa Para Nabi dan Rasul

doa mustajab - doa para nabi dan rasul yang diabadikan dalam al-qur'an
Banyak sekali doa-doa para nabi dan rasul yang patut kita amalkan atau panjatkan setiap hari. Salah satu diantaranya yaitu Doa Nabi Muhammad memohon keselamatan Dunia dan Akhirat. Dimana doa mohon keselamatan dunia akhirat ini hampir setiap saat dipanjatkan oleh semua muslim ketika berdoa dan/atau shalat.
Dan tahukah Anda? Doa mohon keselamatan dunia akhirat tersebut merupakan salah satu Doa Nabi Muhammad SAW yang diabadikan dalam Al-Qur'an, tepatnya Qur'an Surat Al Baqarah ayat 201.
Selain Nabi Muhammad, ternyata ada beberapa doa-doa para nabi lainnya yang doanya diabadikan dalam Kitab Suci Al-qur'an. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasan selengkapnya Kumpulan Doa Para Nabi yang Diabadikan dalam Al-Qur'an


Doa Nabi Adam A.S

رَ‌بَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ‌ لَنَا وَتَرْ‌حَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِ‌ينَ
Artinya :
Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi (QS. Al A’raf : 23).

Doa Nabi Nuh A.S

رَ‌بِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ‌ لِي وَتَرْ‌حَمْنِي أَكُن مِّنَ الْخَاسِرِ‌ينَ
Artinya :
Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakikat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi. (QS. Huud : 47).

Doa Nabi Ibrahim A.S

رَ‌بِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ
وَاجْعَل لِّي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِ‌ينَ
وَاجْعَلْنِي مِن وَرَ‌ثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ
Artinya :
Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang shalih. Jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan. (QS. Asy Syu’ara : 83-85)

Doa Nabi Sulaiman A.S

رَ‌بِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ‌ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْ‌ضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَ‌حْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ
Artinya :
Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih. (QS. An Naml : 19)

Doa Nabi Muhammad SAW

رَ‌بَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَ‌ةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Artinya :
Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Al Baqarah : 201)

Itulah kumpulan doa para nabi dan rasul yang diabadikan dalam Al-Qur'an. Doa-doa tersebut diatas dapat kita amalkan (panjatkan) setiap hari, baik setelah sholat fardu maupun sholat sunnah dan/atau setelah mengaji.