Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat, demi menjadi Hamba اللّهُ yang Kaffah.

Menemukan karakter sang jodoh

Al-Quran berbicara tentang pasangan

42 : 11. (Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan- pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat.


13: 3. Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan[765], Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

36: 36. Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.

51: 49. Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.

53 : 45. dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita.

78: 8. dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan

24: 3. Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas oran-orang yang mukmin.


Perspektif Karakter

Karakter itu ada 3 macam.
1. Karakter Dalam (KD/Fuad/Aqidah)
2. Karakter Luar (KL/Shodr/Personality)
3. Karakter Tengah (KT/Qolbu/Pintu Karakter)

Berdasarkan konsep Personalitree – Pohon kepribadian– maka Ada 4 tipe KL
1. Akar : Pendiam, Perenung, teliti, Penyendiri, Pemerhati, tekun, tuntas, sensitif
2. Buah : Fleksibel, Supel, Bicara, Heboh, Antusias, Menarik, Energik
3. Cabang : Tegas, Visioner, Leader, Ambisi, Menguasai, Praktis, Kaya
4. Daun : Stay Cool, fleksibel, penolong, baik, ramah, sejuk, sabar

Tentunya keempat tipe di atas, tidak berdiri sendirian, tapi dalam diri setiap manusia memiliki 4 tipe itu, tapi dalam kombinasi dominasi yang berbeda-beda. Misal, saya lebih dominan pada karakter BD (Buah dan Daun).

Berdasarkan pengamatan saya dan Pak Luthfie Ludino, biasanya pasangan Suami-Istri itu mempunyai KL yang berbeda. Ini sekedar kecenderungan lho. Tidak mesti seperti ini. Contoh, jika istrinya bertipe CB (Cabang dan Buah) maka suaminya bertipe AD (Akar dan Daun). Atau jika suaminya CA (Cabang dan Akar) maka istrinya BD (Buah dan Daun).

Itu mengapa Rosulullah saw pernah bersabda bahwa menikah itu menyempurnakan setengah agama. Sebab, ternyata, ketika kita menikah, maka kita menemukan karakter yang berbeda dengan kita, yang harus kita ambil sehingga menjadi bagian dari karakter kita. saling menyempurnakan.

Contoh, saya adalah seorang yang bertipe DB dan istri saya bertipe AC. Alhamdulillah, setelah saya menikah dengan istri saya, saya pun akhirnya belajar bagaimana menjadi manusia berkarakter AC, dan istri saya belajar menjadi manusia yang berkarakter DB. Sehingga karakter kami terus di-upgade, sehingga yang tadinya DB menjadi ABCD, dan yang tadinya AC menjadi ABCD. Atas izin Allah....

disadur dari Kang Jen, Spiritial Sinergi Semesta